DInding Goa Ngerong Rengel Tuban Runtuh


Berita Tuban - Lokasi dinding goa di wisata Goa Ngerong, yang berada di Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban mengalami runtuh. Runtuhnya dinding langit-langit Goa Ngerong tersebut berada di jarak sekitar 250 meter dari mulut goa.

Kondisi runtuhnya dinding Goa Ngerong yang juga terdapat aliran sungai bawah tanah tersebut membuat sejumlah warga sekitar merasa resah. Warga menduga jika kejadian itu akibat adanya penambangan liar yang berlokasi di atas goa yang sudah lama menjadi tempat wisata.

AKP Musa Bachtiar, Kapolsek Rengel, Tuban menjelaskan bahwa runtuhnya dinding Goa Ngerong tersebut sudah terjadi pada hari Minggu kemarin. Dinding yang runtuh tersebut berada di dalam Goa yang terdapat aliran sungai bawah tanah dan memang jarang orang yang masuk.

"Lokasi runtuhnya dinding Goa Ngerong kurang lebih berada di ke dalaman 250 meter dari mulut goa. Di langit-langit dinding goa itu terlihat retakan baru sampai dengan kedalaman 500 meter," terang AKP Musa Bachtiar, Kapolsek Rengel, Kabupaten Tuban, Selasa (07/07/2015).

Akibat runtuhnya dinding dengan panjang puluhan meter tersebut juga terdapat retakan dan juga runtuhan baru di atas sungai. Sejumlah warga merasa khawatir jika runtuhnya dinding goa tempat wisata tersebut semakin meluas dan bertambah parah.

"Untuk material batu runtuhan dari dalam goa itu terdapat sebanyak tiga kendaraan dump truk. Memang diduga runtuhnya dinding Goa Ngerong itu akibat adanya penambangan batu kumbung dengan cara mekanik di atas goa dan itu yang menimbulkan gejolak di masyarakat," lanjut Kapolsek Rengel.

Dengan timbulnya gejolak di masyarakat terkait runtuhnya dinding goa wisata Ngerong itu pihak Kepolisian Polsek Rengel, Tuban telah melakukan rapat bersama dengan Forpimka Rengel dan memanggil pemilik lahan tambang. Pihak kepolisian langsung meminta kepada pemilik tambang yang di atas Goa Ngerong itu untuk menghentikan aktivitas penambangan.

"Kami meminta kepada para penambang untuk menghentikan aktivitas penambangan batu kumbung itu mulai hari ini. Karena tidak ada ijin operasional, maka kita hentikan. Meski itu berada di lahan miliknya sendiri," pungkasnya.

Sementara itu, dalam pertemuan di Polsek Rengel, Kabupaten Tuban itu pihak pemilik tambang batu kumbung atau batu kapur yang ada di atas Goa Wisata Ngerong siap menghentikan  aktivitas penambangan. Namun mereka berharap kepada pihak Forpimka Rengel untuk memberikan jalan keluar dengan berhentinya aktivitas tambang itu. [mut/kun]

0 komentar:

Posting Komentar