Polres Tuban Siapkan Penembak Jitu (Sabhara)


Berita Tuban - Sebanyak 30 anggota patroli dari Satuan Sabhara Polres Tuban dengan kemampuan khusus dipersiapkan oleh jajaran Polres Tuban dalam pelaksanaan pengamanan arus mudik lebaran tahun 2015 ini.

Sebanyak 30 anggota tersebut mendapatkan pengarahan dan juga dilatih langsung oleh Kapolres Tuban bagaimana cara prosedur melakukan penembakan. Terlebih mereka dilatih bagaimana melakukan penembakan dengan senjata laras panjang di atas sepeda motor, Rabu (08/07/2015).

Pantauan wartawan di lapangan, Kapolres Tuban AKBP Guruh Arif Darmawan, memberikan pengarahan kepada puluhan anggota Patroli Raimas Polres Tuban. Kapolres menunjukkan bagaimana cara menembak sasaran dengan posisi di atas sepeda motor trail yang biasa digunakan berpatroli.

"Ini yang perlu diingat, kalau tembakan peringatan selalu gunakan peluru hampa. Kalau pakai peluru asli meskipun tembakan ke atas, tapi kalau peluru jatuhnya mengenai warga itu juga masih membahayakan," terang AKBP Guruh Arif Darmawan, Kapolres Tuban saat memberikan pengarahan anggota Patroli Raimas Polres Tuban.

Selain terkait bagaimana cara menembak di atas sepeda motor, Kapolres juga selalu mengingatkan kepada para anggota Patroli untuk selalu memahami undang-undang saat bertugas. Selain itu kemampuan dari perorangan anggota sendiri juga harus terus ditingkatkan, baik kemampuan menembak maupun bela diri.

"Polisi tugasnya berat, kita harus pahami undang-undang dan meningkatkan kemampuan perorangan saat bertugas. Jangan sampai menembak justru membahayakan bagi warga masyarakat," papar AKBP Guruh, yang juga mantan Kapolres Donggala, Sulteng.

Kapolres Tuban menjelaskan bahwa pembekalan anggota Patroli Raimas Sabhara tersebut salah satunya adalah guna persiapan pengamanan Operasi Ketupat 2015 ini. Nantinya anggota Patroli baik yang menggunakan trail maupun dengan mobil akan terus keliling melakukan antisipasi tindak kejahatan.

"Biasanya menjelang lebaran ada peningkatan tindakan kriminalitas. Sehingga anggota ini akan kita tempat di titik-titik yang memang rawan," pungkasnya.[mut/kun]

0 komentar:

Posting Komentar