Mei Merakurak Tuban Banjir


Berita Tuban - Banjir bandang kembali menerjang wilayah Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Sabtu (02/05/2015). Banjir terjadi setelah hujan lebat yang terjadi di wilayah pegunungan Kecamatan Montong dan Kecamatan Semanding, Tuban selama beberapa jam.

Akibat banjir bandang yang merupakan kiriman dari Sungai Mulung itu, akses jalan penghubung antar kecamatan terputus lantaran terendam air. Sedangkan sejumlah rumah warga yang berada di Desa Kapu dan Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban diterjang banjir kiriman dari wilayah pegunungan kapur itu.

Pantauan wartawan, banjir bandang tersebut merendam puluhan meter akses jalan penghubung antar beberapa desa di Kecamatan Merakurak dengan Kecamatan Kota Tuban. Ketinggian air yang menggenangi akses jalan tersebut mencapai lebih dari 50 centimeter.

"Tidak bisa untuk dilewati kendaraannya karena airnya dalam. Jadi harus balik memutar lewat jalan lain," ujar Saiful, salah satu pengendara motor yang melintas di jalan tersebut.

Sejumlah pengendara motor yang memaksakan melewati banjir tersebut harus menerima resiko kendaraannya mengalami mogok. Sehingga mereka harus mendorong sepeda motornya yang mati akibat kemasukan air dan bahkan ada yang harus dibawa ke bengkel karena mengalami kerusakan.

"Tadi saya berusaha nerobos, tapi ternyata ditengah airnya terlalu dalam jadinya sepeda motor langsung mati. Untung setelah saya dorong sampai melewati banjir sudah bisa nyala lagi," terang Lukman, warga Kecamatan Montong, yang nekad menerobos banjir tersebut.

Menurut sejumlah warga, banjir bandang yang memutuskan akses jalan dan merendam sejumlah rumah warga dua desa tersebut baru terjadi lagi setelah kejadian terakhir beberapa bulan yang lalu. Warga tidak menyangka kalau masih ada banjir bandang menerjang desa itu lantaran sudah masuk bulan Mei.

"Sudah beberapa bulan ini tidak sampai banjir, saya kira sudah tidak ada banjir lagi, karena sudah pertengahan tahun. Biasanya kan sudah mulai mau musim kemarau," ungkap Kusnan, warga setempat.

Hingga petang ini, kondisi cuaca di wilayah Kabupaten Tuban masih diselimuti mendung gelap dan di beberapa kecamatan masih terjadi hujan. Sejumlah warga yang tinggal di Desa Kapu, Kecamatan Merakurak, Tuban itu khawatir jika banjir semakin besar datang kembali. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar