Anggota Polsek Rengel Usaha Budidaya Ikan


Berita Tuban  - Ada hal berbeda yang dilakukan oleh anggota Babinkamtibmas Polsek Rengel, Polres Tuban, yakni dengan melakukan terobosan memberikan motivasi dan mengajak warga memanfaatkan lahan tidak terpakai yang disulap menjadi tempat budidaya ikan.

Lahan bekas tempat memandikan ternak yang berada di Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban tersebut berhasil digunakan sebagai budidaya ikan dengan sistem keramba. Pasalnya lahan tidur itu berada di saluran irigasi waduk yang ada di desa setempat, Selasa (14/07/2015).

Keberadaan lahan dengan luas 15 X 30 meter tersebut sejak beberapa tahun terakhir kondisinya tidak terpakai. Sedangkan untuk aliran air di lahan kosong semacam waduk tersebut sangat melimpah yang airnya terus mengalir meski musim kemarau.

Mengetahui adanya lahan yang tidak terpakai itu, anggota Kepolisian dari Polsek Rengel bersama dengan Babinsa dan juga pihak Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel, Tuban itu melakukan pertemuan. Mereka berinisiatif untuk memanfaatkan lahan itu sebagai tempat budidaya ikan dengan sistem keramba.

"Awalnya muncul ide untuk memanfaatkan lahan tidur ini. Kemudian tiga pilar desa, yakni anggota Babinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa (Kades) melakukan koordinasi untuk membuat budidaya ikan," terang AKP Musa Bachtiar, Kapolsek Rengel, Polres Tuban.

Setelah muncul ide tersebut, selanjutkan dibentuk satu kelompok warga dengan jumlah 11 orang warga dari Desa Punggurejo, Kecamatan Rengel, Tuban. Selanjutnya  kelompok warga itu diberikan pendampingan oleh anggota Polsek Rengel dan juga Kades mulai pembuatan keramba sampai dengan penaburan bibit ikan Nila dan Mujair.

"Kolam ikan keramba ini akan panen dalam jangka waktu empat bulan sekali. Isinya kolam ini sebanyak 20 ribu bibit ikan," lanjut Kapolsek Rengel, Tuban yang juga ikut melakukan tabur benih ikan.

Kapolsek berharap kegiatan terobosan pembuatan keramba ikan yang dilakukan oleh kelompok warga Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel itu bisa menjadi motivasi bagi desa-desa yang lain. Pasalnya di wilayah Kecamatan Rengel, banyak sekali potensi untuk melakukan pembuatan keramba ikan.

"Ini merupakan kegiatan yang sangat positif sebagai terobosan pelayanan terhadap masyarakat. Sehingga harapannya nanti bisa ditiru warga di desa lainnya, untuk memanfaatkan sesuatu yang tidak berguna dan bisa bernilai ekonomi," pungkasnya.

Sementara itu, proses penaburan bibit benih ikan di kolam keramba ikan Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban itu diikuti oleh Camat Rengel dan juga Komendan Koramil (Danramil) Rengel. Dalam penaburan bibit ikan kali ini telah dilakukan penaburan bibit sebanyak lima ribu bibit ikan Nila dan Mujair.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar