Warga Desa Bektiharjo Sepak Bola Api di HUT RI 69


Berita Tuban - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 69, Pengurus Remaja Masjid (Remas) Dusun Ngroto, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban menggelar perlombaan Sepak Bola Api.

Kegiatan perlombaan api tersebut diikuti oleh para remaja dan juga anak-anak yang berasal dari dusun tersebut. Perlombaan tersebut sangat meriah dan menyita ratusan warga dari desa tersebut untuk menyaksikan perlombaan sepak bola api tersebut, Senin (18/08/2014) malam.

Pantauan wartawan di lapangan, perlombaan sepak bola api tersebut diikuti sebanyak 20 tim remaja dan juga anak-anak dari desa tersebut. Setiap timnya berjumlah lima orang untuk bermain sepak bola yang bolanya terbuat dari kelapa kering yang sudah direndam minyak tanah dan kemudian dibakar.

"Perlombaan ini baru pertama kita lakukan. Sepak bola api ini kita lakukan bersama warga untuk  memperingati HUT RI yang ke 69," terang Kabul Budiono (40), selaku Ketua Panitia Lombaan Sepak Bola Api itu.

Menurut Kabul, bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan semangat para remaja dan juga anak-anak untuk memperingati HUT Republik Indonesia. Sebelum bermain para peserta perlombaan tersebut melakukan ritual doa supaya tidak sampai terbakar.

"Ini memang kegiatan perlombaan ala pondok pesantren. Lomba ini ternyata juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para remaja, selain itu minat warga untuk melihat juga sangat meriah," lanjutnya.

Sementara itu, para peserta yang ikut dalam perlombaan sepak bola api tersebut mengaku tidak kepanasan meski bolanya dari api. Mereka tetap mengaku semangat bermain dan saling berebut bola untuk menjadi juara dalam lomba yang sangat berbahaya itu.

"Tidak terasa panas. Jadi kita harus tetap semangat untuk menjadi juara, seperti para pahlawan," ujar Harto, salah satu pemain sepak bola api itu.

Dalam pelaksanaan lomba tersebut panitia dari Remaja Masjid (Remas) Mambaul Huda desa tersebut tidak menyediakan banyak hadiah. Mereka dari 20 tim sepak bola api tersebut yang menang akan mendapatkan hadiah berupa hewan ternak yang bisa untuk acara makan-makan bersama. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar