Penemuan Goa Putri Lintang Bektiharjo Tuban


Berita Tuban  - Sejumlah warga masyarakat yang tinggal di Dusun Bogor, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban dihebohkan dengan penemuan sebuah gua di kawasan tambang batu kapur yang berada di desa setempat dua hari lalu.

Keberadaan gua yang diberi nama Gua Putri Lintang tersebut pertama kali ditemukan oleh penambang batu kapur yang ada di desa setempat. Sejumlah warga yang mendengar adanya kabar penemuan gua baru tersebut sudah silih berganti untuk melihat dan masuk ke dalam gua, Jumat (21/08/2015).

Gua dengan dinding yang berupa batu kristal dan juga karang tersebut ditemukan berada di lahan tambang batu kapur milik Dirman (60), warga desa setempat. Awalnya tidak ada yang menduga jika di bawah area pertambangan batu kapur tersebut terdapat guanya.

"Mungkin kalau kedalamnya sekitar 20 meter, tapi mulut guanya masih sempit. Ini ditemukan sudah malam Kamis kemarin," terang Trisno, salah satu warga yang melihat gua tersebut.

Gua yang diperkirakan memiliki lebar sekitar 60 meter lebih itu pertama kali diketahui oleh Nista'in, salah satu penambang di lokasi tersebut. Saat itu dia bersama teman-temannya sedang melakukan aktivitas menambang dan melihat ada lubang kecil .

"Saya taunya ada lubang kecil seukuran tangan. Kemudian saya masukkan bambu, tapi lubangnya ternyata kok dalam," terang Nista'in, penemu pertama Gua Putri Lintang tersebut.

Setelah tahu kalau lubang itu dalam, ia bersama penambang lainnya baru menduga jika dibawa lokasi dia menambang batu kapur itu adalah gua. Sehingga lubang tersebut kemudian dibuka dan di perbesar supaya bisa dibuat untuk jalan masuk.

"Setelah itu saya masuk, dan dalamnya ternyata luas bisa untuk berdiri. Lorong-lorongnya juga banyak dan bagus," Nista'in, saat berada di lokasi tersebut.

Sementara itu, meski baru dua hari ditemukan kabar adanya temuan gua baru tersebut dengan cepat terdengar di kalangan warga masyarakat. Hal itu membuat lokasi gua yang berada di tambang kampur sudah ramai dikunjungi oleh warga yang penasaran ingin masuk ke dalam gua.[mut/kun]

0 komentar:

Posting Komentar