Ombak Berbahaya Tuban Nelayan Harus Hati-Hati



Berita Tuban- Mengingat kondisi cuaca buruk yang terjadi di perairan laut utara Pulau Jawa berupa gelombang tinggi dan juga angin kencang, sejumlah nelayan di wilayah Pantai Utara Kabupaten Tuban dihimbau untuk selalu waspada, Kamis (29/01/2015).

Pihak Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Tuban tidak melarang para nelayan yang ada di pesisir Pantai Tuban tersebut untuk meluat. Namun dengan kondisi cuaca buruk itu, para nelayan dihimbau selalu mempertimbangkan keselamatan saat melaut. "Sejauh ini kami tidak pernah melarang kepada para nelayan untuk tidak melaut, selama tidak benar-benar membahayakan. Kami paham mereka lebih memahami dari karakter laut itu sendiri," terang Joko Ludiono, Kepala BPBD Kabupaten Tuban.

Joko Ludiono menjelaskan, jika berdasarkan prakiraan cuaca yang diterima BPBD Kabupaten Tuban dari Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) rata-rata kecepatan angin di laut utara Jawa itu mencapai kecepatan 34 kilometer per jam. Yang mana angin bertiup dari barat daya dan bisa menyebabkan gelombang tinggi. "Untuk belum seberapa parah, hanya sekitar 0,7 meter. Sedangkan angin tersebut juga berpotensi mengakibatkan hujan," lanjut Joko, yang merupakan mantan Camat Widang itu.

Sehingga dengan kondisi cuaca buruk yang terjadi sudah sekitar satu minggu terakhir ini, diharapkan para nelayan untuk selalu waspada jika tetap memaksakan untuk melaut. Hal tersebut supaya tidak sampai terjadi kecelakaan laut yang justru merugikan para nelayan itu sendiri.

Sementara itu, seperti berita sebelumnya akibat dari cuaca buruk yang terjadi perahu milik seorang nelayan asal Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Tuban terbalik diterjang ombak tinggi saat akan melaut. Beruntung tidak sampai ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar