Pipa Minyak Bocor, Nelayan Palang Tuban Tetap Melaut

 

Berita Tuban - Pascaadanya kejadian bocornya pipa minyak dua hari lalu, kondisi pantai laut utara Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban sudah bersih dari ceceran minyak mentah yang kemarin sempat terlihat di bibir pantai.

Ceceran gumpalan minyak mentah yang berwarna kecokelatan tersebut sudah tidak lagi terlihat di pinggir pantai itu. Sehingga hal itu membuat para nelayan merasa tenang dan tidak sampai mengganggu aktivitas mereka dalam mencari ikan.

"Sekarang sudah bersih," ujar Mujiono (59), nelayan asal Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Kejadian ceceran minyak mentah yang berada di sekitar pantai tersebut awalnya tidak membuat nelayan curiga. Pasalnya, dengan adanya bau minyak yang ada di kawasan laut, mereka menduga jika hal itu adalah berasal dari solar milik nelayan yang tumpah, bukan akibat dari minyak mentah.

"Awalnya dua hari kemarin saya kira hanya solar nelayan yang tumpah. Tapi setelah di sampai pantai baru tahu kalau ada minyak mentah yang tercecer di pantai," lanjutnya.

Adanya bocornya mintak mentah dari pipa milik JOB PPEJ tersebut tidak sampai mengganggu aktivitas para nelayan untuk mencari ikan. Hal itu karena volume minyak mentah yang tercecer tersebut tidak terlalu banyak dan tidak sampai ke tengah laut tempat mereka mencari ikan.

"Dua hari ini masih terus melaut. Tadi saya juga melaut, di tengah tidak minyak yang terlihat," pungkasnya.

Pantauan di lapangan, ceceran minyak mentah yang berasal dari pipa milik JOB PPEJ tersebut hanya terlihat di kawasan pantai Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Tuban itu saja.

Seperti halnya yang diungkapkan para nelayan yang berada di pantai Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota, Tuban. Mereka tidak sempat mengetahui adanya ceceran minyak di kawasan pantai tersebut ataupun di tengah laut saat mereka mencari ikan.

"Kalau di pantai sini tidak sampai ada minyak. Bahkan baru dengar ini kalau ada minyak bocor," ujar para nelayan yang sedang bersantai di pinggir pantai Kelurahan Karangsari, Kota Tuban.[air/mut]

0 komentar:

Posting Komentar