Imlek, Kwan Sing Bio Merayakan Sederhana


Berita Tuban - Menyambut perayaan tahun baru Imlek, Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Kabupaten Tuban sudah mulai melakukan persiapan dengan menghias dan membersihkan tempat ibadah itu, Selasa (17/02/2015).

"Persiapan dengan istilah berhias diri ini sudah mulai kita lakukan sejak satu minggu terakhir ini," terang Gunawan Putra Wirawan, selaku Ketua TITD Kwan Sing Bio Tuban.

Dalam menyambut tahun baru Imlek 2566, pihak dari Kwan Sing Bio Tuban telah melakukan bersih-bersih di semua ruangan tempat ibadah tersebut. Selain itu sejumlah hiasan seperti lampion dan juga beberapa persiapan untuk sembahyang pada hari Imlek 19 Februari 2015 besuk juga telah dipersiapkan.

"Kita sudah mulai membersihkan seluruh ruangan yang ada di tempat ibadah ini. Dan ada beberapa hiasan yang perlu diganti juga sudah kita ganti," lanjutnya saat ditemui di TITD Kwan Sing Bio yang ada di jalan RE Martadinata, Kota Tuban.

Setiap menjelang Imlek, ada ritual khusus yang dilakukan oleh pihak Kwan Sing Bio Tuban yakni dengan menggantikan jubah dari yang mulya Kong Co Kwan Sing Teekoen. Ritual penggantian jubah tersebut dilakukan oleh ketua Klenteng bersama dengan Bio Kang. 

"Ritual khusus untuk menurunkan dan menganti jubah Yang Mulya Kong Co kita lakukan pada tanggal 11 kemarin. Ritual kita lakukan pukul 04.00 Wib dengan melakukan sembahyang," ungkap Gunawan.

Sementara itu, untuk pada tahun baru Imlek yang merupakan tahun Kambing itu Kwan Sing Bio tidak mengadakan acara secara meriah. Kegiatan acara hanya akan dilakukan dengan sembahyang bersama seluruh umat Tri Dharma di Klentang yang persis berada di pinggir Pantai Utara Kabupaten Tuban.

"Tahun ini kita kemas acara dengan sederhana, kegiatan banyak dilakukan di rumah bersama keluarga masing-masing umat. Kita melakukan sembahyang pada tanggal 18 malam, besuk paginya bertemu dengan umat," papar Gunawan.

Gunawan menegaskan, tidak adanya kegiatan secara meriah di salah satu klenteng tersebesar di Indonesia itu sengaja dilakukan oleh tempat ibadah tersebut. Karena dengan tidak adanya kegiatan meriah di Kwan Sing Bio Tuban supaya Klentang lain bisa untuk menyelenggarakan acara.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar