Perahu Nelayan Jenu Rusak Terkena Ombak



Berita Tuban - Angin kencang yang mengakibatkan gelombang tinggi hingga mencapai lima meter terjadi pesisir pantai Dusun Meduran, Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Akibatnya, sebanyak perahu milik nelayan yang ada di wilayah pesisir tersebut mengalami kerusakan akibat diterjang gelombang. Perahu milik nelayan desa itu rusak setelah dihantam gelombang saat ditambatkan di tepi pantai, Selasa (10/02/2015).

Kejadian angin kencang yang terjadi di pesisir pantai utara Kabupaten Tuban tersebut datang bersamaan dengan hujan lebat menguyur wilayah itu. Sedangkan gemuruh ombak tinggi juga terdengar jelas dari pemukiman warga yang hanya berjarak beberapa meter. "Saat hujan deras anginnya juga sangat kencang, warga panik. Ombaknya juga besar, perahu yang tambah saling benturan," terang Waras, salah satu nelayan yang tinggal di pesisir pantai desa tersebut.

Akibat diterjang gelombang tinggi itu perahu nelayan mengalami rusak parah karena saling berbenturan. Bahkan nelayan tidak bisa untuk menyelamatkan perahu mereka yang ada di bibir pantai desa itu, karena situasi gelombang.

"Selain angin kencang dan gelombang tinggi juga ada petir. Satu perahu juga rusak karena disambar petir," lanjut Samiun, nelayan setempat.

Selain mengakibatkan perahu nelayan rusak, angin kencang yang menerjang perkampungan nelayan tersebut juga merobohkan sejumlah pohon besar di Desa Beji, Kecamatan Jenu, Tuban itu. Salah satu pohon besar yang tumbang menimpa warung milik warga sekitar.

"Genteng rumah-rumah dan masjid juga beterbangan, karena anginnya memang sangat kencang. Jadi semua warga takut, tidak ada yang berani keluar rumah," lanjutnya.

Sementara itu, pasca kejadian angin kencang dan juga gelombang besar yang merusak empat perahu, sejumlah nelayan nampak melakukan perbaikan perahu mereka. Sehingga perahu yang mengalami kerusakan pada bagian lambungnya supaya kembali bisa digunakan untuk mencari ikan.[Angin kencang yang mengakibatkan gelombang tinggi hingga mencapai lima meter terjadi pesisir pantai Dusun Meduran, Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar