Peternak Sapi Tuban dapat orderan dari Jakarta


Berita Tuban - Bumi peternakan Sapi Wahyu Utama yang berada di Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban mendapatkan permintaan pengiriman Sapi ke Jakarta menyusul adanya kelangkaan Daging Sapi di wilayah Jakarta dan sekitarnya itu.

Dengan adanya pesanan untuk pengiriman sapi ke Jakarta, pihak peternakan Bumi Wahyu Utama itu telah menyediakan puluhan sapi yang sudah siap kirim. Biasanya sebelum ada kelangkaan daging, sudah lama tidak pernah ada permintaan sapi untuk di kirim ke Jakarta, Rabu (12/08/2015).

Adanya pesanan sapi dari Jakarta setelah terjadi kelangkaan daging sapi yang mengakibatkan pedagang demo beberapa hari lalu dibenarkan oleh Joko Utomo, selaku pengelola Bumi Peternakan Wahyu Utama Kabupaten Tuban.

"Iya, ini ada pesanan lagi 49 ekor untuk ke Jakarta. Dari Jakarta sudah lama tidak minta, kemarin baru menghubungi meminta lagi," ujar Joko Utomo, Pengelola Bumi Peternakan Wahyu Utama, peternakan sapi terbesar di Kabupaten Tuban.

Joko menjelaskan, bahwa selama ini pihaknya hanya melakukan pengiriman dan memasok Sapi dari hasil peternakannya di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban saja. Sedangkan untuk stok Sapi di peternakan tersebut masih sangat mencukupi jika ada permintaan dari luar Kabupaten Tuban.

"Selama ini hanya memasok wilayah Tuban dan Bojonegoro saja. Kalau untuk di Tuban kita hanya memotong sekitar 3 ekor sapi untuk satu hari," lanjutnya.

Sementara itu, Pipin Dwi Larasati, selaku Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tuban, membenarkan kalau sudah lama Jakarta tidak pernah meminta pasokan ternak dari Tuban. Yang mana selama sekitar tiga tahun terakhir tidak pernah ada permintaan Sapi dari Jakarta.

"Sudah ada sekitar tiga tahunan Tuban tidak memasok ternak ke Jakarta. Alasannya karena ternak dari sekitar Jawa Tengah dan daging impor lebih murah," jelas Pipin.

Untuk di Kabupaten Tuban sendiri, konsumsi daging mencapai sekitar 13 ekor perhari atau sekitar 390 ekor perbulan. Jumlah kebutuhan daging sapi tersebut semua pasokan didapat dipenuhi dari peternak lokal Kabupaten Tuban saja. "Selama ini kan dari peternak lokal sudah bisa mencukupi kebutuhan daging yang ada di Tuban," pungkasnya.[mut/kun]

0 komentar:

Posting Komentar