Mahasiswa Demo, Rektor Unirow Tuban Tidak Ada


Berita Tuban - Ratusan mahasiswa dari Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) yang melakukan unjuk rasa terkait permasalahan kampus yang statusnya nonaktif, merasa kesal terhadap Rektor Unirow Tuban, Kamis (30/07/2015).

Pasalnya, saat para mahasiswa melakukan demo, Hadi Tugur, selaku Rektor Unirow tidak berada di kampus dan tidak mengikuti proses hearing dengan mahasiswa. Dalam hearing itu, mahasiswa hanya ditemui oleh pihak yayasan kampus, Pembantu Rektor, Dekan dan sejumlah dosen.

"Rektor Unirow adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas masalah ini. Tapi dimana dia sekarang?" teriak salah satu mahasiswa yang ikut dalam aksi tersebut.

Para mahasiswa yang melakukan aksi itu menanyakan keberadaan Rektor Unirow kepada Pembantu Rektor (PR) II yang melakukan hearing dengan mahasiswa untuk menjelaskan permasalahan status nonaktif yang dialami kampus dengan mahasiswa terbanyak di Kabupaten Tuban itu. 

Mendengar teriakan para mahasiswa itu, Marita, selaku Pembantu Rektor II, mengatakan saat ini Rektor Unirow sedang berada di Jakarta dan mengurus kembali supaya kampus ini aktif. Namun para mahasiswa tak percaya dan mereka meminta kepada PR II untuk menghubungi Kemenriset Dikti untuk mempertanyakan keberadaan rektor tersebut. "Pak Rektor ke Jakarta berangkat ke dikti," terang Marita, dihadapan para mahasiswa.

Sementara itu, dalam kesempatan aksi unjuk rasa besar-besaran itu,  selain meminta status Unirow kembali aktif, ratusan mahasiswa itu  juga menuding Rektor Unirow telah melakukan nepotisme. Hal itu dibeberkan dengan keberadaan istrinya sendiri yang menjabat sebagai Kepala SD Negeri Baturetno II telah menjadi Kepala Prodi (Kaprodi) FKIP PGSD Unirow Tuban.

"Ini merupakan bentuk dari KKN yang dilakukan oleh pak Tugur, jadi kami minta para senat untuk memilih rektor yang baru," ungkap Nabrisi Rohid, selaku Korlap dalam aksi itu.

Selain itu, ratusan mahasiswa yang telah menggalang tanda tangan dalam aksi di kampus Unirow Tuban itu juga meminta pihak kampus membuka data kekayaan kampus yang selama ini tidak pernah dipublikasikan. Hal itu perlu disampaikan untuk menghindari adanya praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme di kalangan kampus.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan mahasiswa dari Unirow Tuban melakukan aksi unjukrasa di lapangan wisuda kampus Unirow, jalan Manunggal, Kabupaten Tuban. Aksi tersebut dilakukan oleh para mahasiswa terkait dengan status Unirow yang nonaktif dan membuat mahasiswa resah.[mut/kun]

0 komentar:

Posting Komentar