Warga Desa Ring Satu Kawasan Industri Tuban Demo


Berita Tuban -Puluhan warga dari kalangan para pemuda yang berasal dari tiga desa ring satu proyek pembangunan Kawasan Industri Tuban (KIT) yang berada di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban melakukan demo di jalan masuk KIT.

Puluhan warga dari tiga desa itu menuntut keberadaan proyek KIT tersebut untuk segera dihentikan. Pasalnya, selama ini belum ada sosisaslisai yang dilakukan pihak perusahaan terkait dengan keberadaan KIT kepada warga masyarakat sekitar. 

Pantauan wartawan di lapangan, Rabu (29/7/2015), dengan membawa sejumlah poster yang berisikan tuntutan, puluhan warga dari Desa Temaji, Desa Socorejo dan Desa Karangasem, Kecamatan Jenu, Tuban mendatangi lokasi proyek KIT. Mereka melakukan aksinya di depan akses jalan masuk menuju proyek pembangunan KIT yang sudah lama jalan.

"KIT ini telah dinyatakan mulai dibangun sejak tiga tahun lalu oleh Bupati Tuban. Namun sampai saat ini belum ada sosialisasi kepada warga sekitar," terang Umar Taukid, Koordinator lapangan dalam aksi tersebut. 

Puluhan pemuda melakukan aksinya dengan berorasi dan membentangkan spanduk atas tuntutan dari warga ring satu di depan jalan masuk KIT yang berada di pinggir jalur Pantura Tuban. Namun tidak ada satu pun perwakilan KIT yang menemui para pendemo.

"Tuntutan kita yang paling utama adalah meminta KIT supaya segera melakukan sosialisasi kepada kami. Selama ini kami tak pernah diajak koordinasi. Tak ada sosialisasi maka tidak ada KIT," lanjut Umar saat melakukan orasi.

Sejauh ini, para warga yang melakukan aksi demo belum mengetahui secara pasti ada berapa perusahaan atau perusahaan apa saja yang berdiri di Kawasan Industri Tuban itu. Dengan tidak adanya kejelasan itu, warga juga meminta supaya proyek pengerjaan KIT untuk segera dihentikan sebelum ada kejelasan.

"Tidak jelas apa saja perusahaan yang akan ada di KIT yang luasnya mencapai tiga ratus hektar. Ini merupakan awal dari aksi kami sebagai warga ring satu, kalau tidak segera ada komunikasi maka aksi akan tetap berlanjut," ungkapnya.

Sementara itu, aksi unjuk rasa yang dilakukan para pemuda dari tiga desa ring satu KIT itu mendapatkan pengawalan ketat petugas Polres Tuban. Massa membubarkan diri setelah sekitar satu jam melakukan orasi di pinggir jalur Pantura Tuban. [air/mut]

0 komentar:

Posting Komentar