Polisi Latihan untuk Pilkada Tuban 2015


Berita Tuban  - Menjelang pelaksanaan pengamanan tahapan proses Pilkada Kabupaten Tuban yang berlangsung serentak 9 Desember 2015 mendatang, petugas kepolisian jajaran Polres Tuban telah melakukan persiapan pengamanan dengan menggelar Simulasi, Kamis (20/08/2015).

Dalam kegiatan simulasi pengamanan Pilkada Tuban yang berlangsung di alun-alun Kabupaten Tuban itu petugas melakukan antisipasi terjadinya kerusuhan massa saat Pilkada. Selain itu juga dilakukan latihan penanganan teror Bom saat proses tahapan Pilkada berlangsung.

Kegiatan Simulasi Pengamanaman Pilkada Tuban 2015 itu diikuti sebanyak 535 anggota Polres Tuban, anggota Brimob Polda Jatim bersama dengan instansi terkait, yakni TNI dan Satpol PP. Kegiatan dilakukan dengan mengabarkan adanya keributan dan juga kericuhan pada tahan-tahapan Pilkada di Tuban.

"Ini menunjukkan kita siap untuk melakukan pengamanan Pilkada Tuban. Dengan kegiatan ini kita memberikan pemahaman terhadap anggota supaya tidak salah," terang AKBP Guruh Arif Darmawan, Kapolres Tuban setelah kegiatan simulasi itu.

Selain antisipasi terjadinya kericuhan saat mulai dari tahapan kampanye sampai dengan penetapan hasil suara, Polres Tuban juga melakukan simulasi penanganan adanya teror bom. Dalam kegiatan itu digambarkan adanya teror bom yang terjadi di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Untuk melakukan penanganan adanya teror bom di kantor KPU itu, Polres Tuban langsung meminta bantuan dari Tim Penjinak Bom (Jibom) dari Polda Jatim. Sehingga tindakan cepat tersebut digambarkan dapat langsung mencegah bom yang telah di pasang oleh peneror bisa dijinakkan.

"Kita tidak boleh lengah. Kita antisipasi sampai dengan hal kemungkinan terburuk kita sudah siap," lanjut Kapolres Tuban saat berada di alun-alun Kota Tuban.

Sementara itu, dalam pengamanan proses tahapan Pilkada Kabupaten Tuban, Polres Tuban sendiri menyiapkan sebanyak 602 orang anggota. Jumlah tersebut ditambahkan dengan personil dari instansi lainnya, termasuk TNI dan juga Satpol PP.

"Sampai sejauh ini belum ada indikasi kerawanan dalam Pilkada Tuban. Namun kita tetap melakukan antisipasi jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," pungkasnya.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar