Puluhan Rumah di Bantaran Bengawan Solo Rengel Tuban Rawan Longsor

Senin, 23 Desember 2013 11:18:27
Reporter : M Muthohar


Tuban - Dengan kondisi surutnya banjir Bengawan Solo membuat sejumlah titik tanggul dan juga area persawahan yang ada di wilayah Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban mengalami longsor dan ambles terseret air, Senin (23/12/2013).

Akibatnya tiga rumah terpaksa dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Sedangkan puluhan rumah lain yang ada di bantaran sungai Bengawan Solo tersebut terancam longsor jika tidak segera ada penanganan masalah itu.

Kondisi bantaran sungai Bengawan Solo yang sangat rawan mengalami longsor tersebut terdapat di sepanjang Desa Kanorrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Setiap tahunya setelah terjadi banjir tanah yang berada di bantaran sungai itu mengalami longsor terseret air.

"Kalau rata-rata setiap tahun bantaran bantaran bengawan yang mengalami longsor itu lebarnya sekitar 10 meter, kalau panjangnya ratusan meter. Soalnya di desa sini itu tidak ada tanggulnya, jadi rumah yang terancam itu lebih dari 10 KK untuk di sekitar sini," jelas Bambang Dwi Susanto, selaku Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Kanorrejo, Kecamatan Rengel, Tuban.

Menurut Bambang, bahwa selama beberapa tahun terakhir ini sudah ratusan meter lahan milik warga yang sudah mengalami longsor dimakan sungai Bengawan Solo tersebut. Sedangkan untuk jumlah rumah yang terpaksa dipindahkan jumlahnya sudah banyak sekali, lantaran hampir setiap tahun terjadi longsor itu.

"Wah kalau untuk jumlah total yang sudah dipindahkan itu banyak sekali mas, sudah tidak terhitung. Termasuk rumah saya ini dulu juga berada di tepi bengawan dan terpaksa pindah kesini karena longsor," lanjut Bambang, saat ditemui di rumahnya yang juga sempat terendam banjir itu.

Pihak Desa Kanorrejo, Kecamatan Rengel, Tuban yang setiap tahunnya pasti terkena banjir luapan Bengawan Solo tersebut berharap kepada pemerintah untuk membuatkan tanggul untuk pembatas pemukiman warga desa bengawan solo. Pasalnya kalau tidak segera ditanggul atau dikuatkan penahan maka akan terus mengalami longsor.

"Kita hanya berharap kepada pemerintah pusat maupun Pemkab Tuban untuk memperhatikan nasib warga sini. Kita meminta supaya segera dibautkan tanggul bengawan di sekitar desa sini supaya tidak terus mengalami longsor," pungkasnya.

Sementara itu, selain di Desa Kanorrejo, Kecamatan Rengel, kondisi bantaran sungai Bengawan Solo yang terus mengalami longsor juga terjadi di Kecamatan Plumpang. Sehingga kondisi itu mengancam puluhan rumah warga yang tinggal di bantaran Sungai Bengawan Solo.(mut)

0 komentar:

Posting Komentar