Anggota DPRD Tuban Pentingkan Kampanye

Suasana Ruangan DPR dengan kursi yang ditinggal Dewan Untuk Kampanye

Berita Tuban - Dalam pelaksanaan sidang paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tuban tahun anggaran 2013, banyak dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban yang tidak hadir, Kamis (03/04/2014).

Sebanyak 40 persen dari wakil rakyat tersebut tidak hadir dalam sidang paripurna tersebut dengan berbagai alasan. Diantaranya para anggota dewan itu absen lantaran sedang melakukan kegiatan kampanye maupun sosialisasi untuk maju lagi menjadi anggota DPRD.

Sidang paripurna LKPJ Bupati Tuban yang berlangsung di Gedung DPRD jalan Teuku Umar Kota Tuban tersebut hanya dihadiri 30 anggota dari total 50 anggota DPRD yang ada. Sedangkan untuk 20 anggota lainnya tidak nampak hadir dan membuat kursi dari para anggota dewan itu terlihat kosong.

Terkait dengan absennya 20 anggota DPRD dalam sidang paripurna tersebut, Sa'dun Na'im, wakil Ketua DPRD Tuban menyatakan bahwa para anggota dewan yang tidak hadir itu dengan berbagai alasan diantaranya ada kegiatan dari partai masing-masing.

"Mereka ada yang urusan partai, seperti kampanye, ada juga yang pembekalan saksi utuk pemilu besok. Kalau saya lihat dari daftar absensi ada 30 anggota yang tandatangan kehadiran sidang ini," terang Sa'dun Na'im, setelah sidang paripurna itu.

Sementara itu, dengan tidak hadirnya para anggota DPRD karena sedang ada urusan partai itu, Sa'dun Na'im mengaku tidak dapat langsung mengeluarkan sangsi bagi anggota yang absen. Karena ketidakhadiran tersebut masih dibawah ketentuan tata tertib kehadiran, yakni enam kali absen.

"Berdasarkan Tatibnya, mereka yang tidak hadir itu baru bisa dikenakan sangsi setelah enam kali berturut-turut tidak hadir dalam rapat paripurna. Kalau hanya sekali belum bisa dikenakan sangsi," lanjut politisi PKB tersebut.

Sementara itu, akibat tidak hadirnya 20 anggota DPRD Tuban lantaran ada kegiatan kampanye, sidang paripurna LKPJ Bupati Tuban anggaran 2013 dan pembentukan Pansus LKPJ itu sempat tertunda selama satu jam. Penundaan tersebut lantaran menunggu para anggota yang masih belum datang, meskipun akhirnya tidak datang juga. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar