Forum Mahasiswa Tuban Demo, Ditangkap, lalu Dilepaskan


Berita Tuban - Belasan aktivis gabungan dari Forum Mahasiswa Tuban bersama koalisi perempuan yang sempat ditangkap oleh petugas kepolisian saat melakukan aksi demo dalam pelantikan DPRD Tuban sudah dilepaskan, Minggu (24/08/2014).

Belasan aktivis gabungan tersebut sempat dibawa ke Mapolres Tuban saat terjadinya kericuhan pada aksi tersebut. Mereka ditangkap saat berusaha masuk gedung DPRD Tuban untuk menyampaikan aspirasinya dalam pelantikan itu.

"Tadi kita dilepaskan setelah sekitar satu jam. Saat kita ditangkap itu pelantikan juga sudah selesai," terang Ima, salah satu peserta aksi yang juga ikut diamankan polisi.

Dalam aksi tersebut sejumlah aktifis perempuan itu menuntut kepada anggota DPRD Kabupaten Tuban yang baru untuk mampu bekerja dan memperbaiki kinerja DPRD yang dahulu guna mewujudkan adanya Perda Perlindungan Perempuan dan Anak korban kekerasan.

"Kami percaya kepada anggota DRPD yang baru dilantik untuk memperbaiki kinerja DPRD lama. Yang mana dulu telah mandul untuk segera mewujudkan Perda PPA korban kekerasan," terang Ima saat melakukan aksi tersebut.

Selain itu, para kaum perempuan tersebut meminta kepada DPRD Tuban yang telah dilantik untuk meningkatkan anggaran responsif Gender. Mereka menilai bahwa kaum perempuan di Tuban masih banyak yang terdiskriminasi.

"Kami kaum perempuan masih jauh dari rasa keadilan yang seharusnya ditegakkan. Dari 328 desa di wilayah Tuban masih banyak anak-anak yang putus sekolah, menjadi korban penganiayaan, pemerkosaan dan tindakan anarkis kepada para perempuan," ungkap aktivis dari Koalisi Perempuan Ronggolawe (KPR) Tuban.

Sementara itu, untuk para aktivis mahasiswa dari LMND, PMII dan GMNI yang juga bergabung dalam aksi tersebut meminta kepada para wakil rakyat harus mengeluarkan kebijakan yang berpihak kepada rakyat. Mereka juga berharap DPRD Tuban untuk menolak investasi asing yang dapat merugikan bagi warga masyarakat Tuban.

Seperti diberitakan sebelumnya, belasa aktifis gabungan yang melakukan aksi unjuk rasa pelantikan anggota DPRD Tuban dibubarkan dan ditangkap oleh petugas kepolisian. Para pendemo tersebut ditangkap saat berusaha masuk ke halaman gedung dewan yang merupakan lokasi pelantikan. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar