Hujan datangnya Musim Tanam Tuban


Berita Tuban - Hujan dengan intensitas yang cukup lebat sudah beberapa kali menguyur hampir seluruh wilayah Kabupaten Tuban, hal tersebut membuat sebagian Petani sudah mulai melakukan tanam, Jumat (14/11/2014).

Seperti halnya yang dilakukan oleh para Petani Jagung yang berada di wilayah Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Mereka nampak sudah berbondong-bondong menggarap lahannya untuk ditanami jagung.

"Di daerah sini hujanya sudah tiga kali mas, jadinya ya kita sudah mulai tanam," terang Candi (36), salah satu petani asal Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Tuban.

Namun sebagian petani lainnya belum berani melakukan tanam jagung. Pasalnya mereka khawatir jika musim hujan belum benar-benar terjadi, karena intensitas hujan belum secara serentak terjadi di wilayah Kabupaten Tuban.

"Takut kalau belum musim hujan beneran, karena hujannya masih belum merata. Kalau buru-buru tanam malah buang bibit," ungkap Hadi, petani lain yang ada di wilayah tersebut.

Para petani yang ada kawasan tegalan perbukitan kapur Kecamatan Semanding, Tuban itu hanya bisa melakukan tanam saat musim penghujan saja. Pasalnya mereka hanya bisa mengandalkan air hujan untuk pengairan bagi tanaman jagung sampai dengan panen.

"Kalau kemarau yang gersang tidak ada tanaman apa-apa, karena kita hanya mengandalkan air hujan. Paling satu tahun kita hanya tanam dua kali saja," lanjutnya.

Sementara itu, hujan dengan intensitas lebat dan sedang sudah mulai terjadi di wilayah Kabupaten Tuban sejak beberapa hari terakhir ini. Namun masih ada beberapa wilayah yang masih belum diguyur  hujan, sehingga para petani masih belum bisa untuk melakukan tanam.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar