Indahnya Goa Mahbeser Merakurak Tuban


Berita Tuban - Warga yang tinggal di Dusun Mahbeser, Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban digegerkan dengan ditemukannya dua lorong goa yang berada di lokasi tambang batu kapur. Sebuah goa yang menakjubkan.

Goa dengan dua titik lokasi yang berbeda dan masih berdekatan tersebut ditemukan oleh pekerja saat dilakukan proses penambangan batu kapur di lokasi itu. Meski ditemukan goa yang terbilang eksotis, aktivitas penambangan disekitar goa tersebut masih terus berlangsung, Rabu (06/05/2015).

Pantauan beritajatim.com, goa yang ditemukan di tambang tersebut memiliki keindahan dengan banyaknya stalaktit dan juga stalakmit yang menyerupai kristal. Yang mana ukuran dari stalatit sudah ada yang sampai menyentuh tanah dengan perkiraan berusia ratusan tahun.

"Awalnya gua ini ditemukan oleh penambang. Setelah itu saya datang melihat ternyata memang bagus kondisi guanya," terang Purwanto (21), pemuda asal Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Setelah ditemukan gua yang kedua itu, satu persatu warga banyak yang mendengar kabar itu dan mulai penasaran dengan keberadaan gua di tambang kapur itu. Para warga terutama para pemuda yang penasaran mendatangi dan melihat gua itu.

"Sebenarnya ada dua goa yang ditemukan di sini. Yang ditemukan pertama sekitar satu tahun lalu itu lebih bagus dan lebih luas dalamnya," lanjut Purwanto, yang merupakan tokoh pemuda desa setempat.

Satu titik goa yang luas dalamnya mencapai puluhan meter itu mulut goa masih sangat sempit, selain itu juga masih ditutup dengan bongkahan batu besar. Adapun untuk posisi dua goa tersebut ditemukan di kedalaman sekitar 20 meter dari galian tambang batu kapur. 

"Ini yang besar, dalamnya bagus banget, banyak stalaktit yang telah membentuk dan menyerupai kristal. Tapi masuknya susah, karena mulut gua kecil," pungkasnya.

Sejumlah warga dan juga para pemuda berharap dengan adanya temuan goa tersebut bisa dilestarikan meski lahan galian tambang batu kapur itu milik seorang pengusaha. Warga berharap goa tersebut bisa dikelola dan dijadikan untuk tempat wisata bagi masyarakat luas. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar