Polisi Tuban Latihan Pengamanan Pemilihan Presiden


Berita Tuban - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) petugas jajaran Polres Tuban mulai melakukan persiapan dengan simulasi mendasar untuk mencegah ada gangguan saat pelaksanaan pemilihan nanti, Jumat (30/05/2014).

Simulasi pengamanan Pilpres tersebut berlangsung di halaman belakang Mapolres Tuban. Dalam simulasi tersebut mengambarkan proses pelaksanaan pengamanan mulai dari pengawalan kotak suara sampai selesai pemilihan.

Pantuan wartawan di lapangan, simulasi pengamanan tersebut dengan melakukan antisipasi adanya gangguan keamanan dalam proses pendistribusian logistik pemilihan Presiden. Yakni adanya sekelompok massa yang ingin merebut surat suara yang akan dikirim ke masing-masing kecamatan.

Selain itu, dalam pengamanan itu anggota Polres Tuban juga memperagaka bagaimana caranya melakukan antisipasi terjadinya keributan yang terjadi saat pemilihan maupun penghintungan suara. Karena hal tersebut dinilai sangat mendasar dan juga sering terjadi diberbagai wilayah.

"Jadi berdasarkan evaluasi dari pengamanan Pileg kemarin ada beberapa hal yang harus kita tingkatkan lagi. Yakni untuk pengamanan yang sifatnya mendasar, seperti pendistribusian surat suara dan lainnya," terang AKBP Ucu Kuspriyadi, Kapolres Tuban.

Dalam pengamanan Pilpres nanti, sedikitnya 2/3 anggota atau sekitar 600 personil dari Polres Tuban akan diterjunkan. Tujuannya untuk melakukan antisipasi segala kemungkinan terjadinya gangguan yang terjadi saat Pilpres.

"Kita akan tetap melakukan antisipasi kerawanan sekecil apapun itu dari berbagai tahapan. Kita mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menggunakan hak pilihnya dengan baik," pungkasnya. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar