KPUD Tuban Belum Terima Surat Suara Pileg


Berita Tuban - Hingga hari ini Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban belum menerima kiriman Surat Suara untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014, seharusnya Surat Suara Pileg dijadwalkan akan datang pada hari ini, Rabu (05/03/2014).

"Rencananya hari ini datang, tapi ternyata kita mendapatkan kabar kalau diundur," terang Heru Prapto, Divisi Logistik KPUD Tuban.

Rencananya kedatangan surat suara Pileg tersebut di KPUD Tuban diundur pada tanggal 12 Maret 2014 pekan depan. Namun meski diundur pengiriman surat suara itu tidak sampai mundur dari batas waktu terakhir yang telah di tetapkan, karena batas akhir pengiriman pada tanggal 15 Maret 2014 ini.

Dengan kondisi mundurnya pengiriman surat suara selama satu minggu tersebut membuat KPUD Tuban harus mencari tenaga tambahan untuk pelipatan dan penyortiran surat suara. Pasalnya waktu untuk penyortiran dan pelipatan juga berkurang, jika tidak ditambah tenaga maka dikwatirkan penyortiran tidak selesai pada tanggal 9 April mendatang.

"Untuk tenaga pelipatan dan sorti kita siapkan 200 orang dengan target waktu selama 18 hari. Karena ini datangnya mundur maka tenaga untuk itu kita tambah menjadi 400 orang, supaya lebih cepat," lanjut Heru Prapto.

Biasa proses penyortiran dan pelipatan surat suara itu memakan waktu sekitar dua minggu. Setelah dilakukan penyortiran selanjutkan surat suara baru akan didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maksimal H-4 pemilihan. 

"Kemudian dari PPK baru didistribusikan ke masing-masing desa, selanjutnya baru di kirim ke masing-masing TPS (tempat pemungutan suara). Kalau memang lokasinya dekat, untuk surat suara baru dibawa ke TPS pada hari pelaksanaan pemilihan," ungkapnya.

Sementara itu, Heru menjelaskan jika dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 ini, KPUD Tuban rencananya mendapatkan kiriman sebanyak 922.858 surat suara sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Tuban dengan ditambah cadangan surat suara 2,5 persen dari jumlah DPT.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar