Orang Tuban ikut Lomba Ikan Cupang Nasional di Kediri


Berita Tuban - Sebanyak 414 penggemar ikan cupang dari berbagai kota mengikuti kontes ikan cupang tingkat Nasional di Matahari Twon Square Kediri. Mereka dari, Bandung, Tuban, Cilacap dan dari derah lainnya. 

Ketua panitia kontes Santoso mengatakan, kontes ikan cupang ini untung meningkatkan omzet pemasaran ikan cupang dan menarik minat warga agar lebih gemar memelihara ikan cupang. 

“Tujuannya untuk menarik minat para penngemar ikan cupang dan meningkatkan omzet pemasaran ikan. Kontes ini kita laksanakan setiap tahun dan selalu meningkat,” ujar Santoso, Minggu (13/4/2014). 

Untuk kategori ikan yang dilombakan meliputi, ikan Serit, halfmoon, plakat, giant, baby, betina open dan doble. Sementara sistem penialain dimulai dari keindahan ikan, kesehatan ikan dan kelincahan gerak ikan tersebut. 

Salah satu peserta dari Bandung Fuad mengatakan, ia mengikuti kontes ikan cupang karena ikan cupang merupakan ikan hasil pertenakan dan mengembangbiakan asli Indonesia, sedangkan di negara lain belum bisa mengembangkan. 

Menurutnya, kontes ikan cupang yang digelar di Kota Kediri ini sangat bagus, karena mendapat suport dari berbagai pihak, diantaranya langsung dari pemerintah daerah (pemda) setempat. 

Kontes ikan cupang ini dilaksanakan setiap tahun dan didukung oleh Dinas Pertanian setempat. Dalam kontes kali ini, baik peserta maupun penonton disuguhi hiburan musik band. Sementara hadiah yang disediakan panitia mencapai puluhan juta rupiah. [nng/but]

0 komentar:

Posting Komentar