Daya Tampung Wanita 30% DPRD Tuban Tak Mencapai Target



Berita Tuban - Kuota 30 persen perempuan untuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban nampaknya belum bisa terpenuhi, pasalnya dari para Caleg perempuan yang telah menjadi peserta Pemilu Legislatif 2014 kemarin yang lolos hanya beberapa persen saja, Sabtu (10/05/2014).

Data yang berhasil dihimpun wartawan, hasil penghitungan suara Pileg 2014 yang telah berlangsung itu hanya ada enam orang Calon Anggota Legislatif (Caleg) perempuan dar bebeapai Partai Politik yang mendapatkan suara terbanyak dan akan lolos menjadi anggota DPRD Tuban.

"Untuk semua Caleg perempuan yang ikut Pileg itu totalnya ada 196 orang daro total Caleg 511 orang. Tapi untuk Caleg perempuan yang jadi hanya ada enam orang," terang Wasis Susilo, selaku Komisioner KPUD Tuban.

Jumlah enam orang keterwakilan perempuan yang menjadi anggota DPRD Tuban tersebut masih jauh dari prosentase 30 persen perempuan. Seharusnya dari jatah 50 kursi di DPRD Tuban ada sebanyak 15 anggota dewan dari kaum perempuan.

"Pastinya tidak memenuhi kuato 30 persen keterwakilan perempuan untuk yang jadi DPRD. Tetapi sebenarnya masing-masing parpol sudah menyetorkan Caleg perempuan sesuai dengan ketentuan," lanjutnya.

Sementara itu, untuk pengumuman hasil perolehan suara dan juga penetapan jumlah anggota DPRD Tuban yang lolos akan dilakukan oleh KPUD Tuban pada hari Senin depan. Yakni dengan mengundang seluruh Partai Politik (Parpol) dalam rapat perolehan hasil suara dan penetapan jumlah kursi yang diperoleh masing-masing partai.

"Setelah melakukan rapat komisioner, hari Senin pekan depan kita akan undang parpol untuk pengumuman dan penetapan hasil pemilu," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar