Pabrik Semen Holcim Kedua Tuban akan ada di Tahun 2015


Berita Tuban - Meski proyek pembangunan pabrik semen Tuban 1 milik PT Holcim Indonesia  yang ada di Desa Merkawang, Kecamatan Tambakboyo, Tuban belum selesai 100 persen, namun proses pembanungan pabrik Tuban 2 terus dilakukan.

Sampai saat ini, proyek pabrik Tuban 1 itu sudah mencapai sekitar 94,2 persen. Sedangkan untuk proyek Tuban 2 pabrik semen tersebut baru mencapai 42,7 persen dan ditargetkan akan selesai pada tahun 2015 mendatang.

"Untuk sekarang yang pabrik Tuban satu sudah beroperasi. Sedangkan untuk Tuban dua baru akan selesai dan operasi pada tahun 2015," terang Sidik Darusulistyo, General Manager (GM) PT Holcim Indonesia pabrik Tuban.

Sidik menjelaskan, jika untuk pabrik Tuban 1 meski proyeknya belum selesai 100 persen untuk tahun ini ditargetkan mampu memproduksi 900 ribu ton semen. Namun untuk kapasitas dari pabrik Tuban 1 itu mampu berproduksi sebesar 1,7 juta ton per tahun.

"Untuk produksi Tuban satu ini kita masih mengambil clinker dari luar dari pabrik lama. Dan baru operasi full sekitar dua bulan lagi," lanjutnya.

Sementara itu, setelah dua pabrik milik perusahaan semen yang berbasis di Swiss tuntas pada tahun 2015 ditargetkan mampu memproduksi semen sebanyak 3,4 juta ton per tahun. Dengan demikian PT Holcim mampu menguasai sekitar 30 persen kapasitas nasional.

"Sebetulnya untuk tahun ini sangat menantang untuk market. Kita berharap market tumbuh sepuluh persen, tapi kenyataan hanya empat persen," pungkasnya.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar