Siswa SMKN 1 Tuban Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik


Berita Tuban - Guna mengenalkan dasar-dasar Jurnalistik dan juga untuk meningkatkan minat baca dan menulis bagi pelajar, komunitas wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Tuban telah memberikan pelatihan terhadap para pelajar.

Kegiatan pelatihan yang dilakukan secara berkala  yang dilaksanakan komunitas wartawan yang tergabung dalam Ronggolawe Press Solidarity (RPS) yang bekerja sama dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk telah diikuti sebanyak 1.120 pelajar dan mahasiswa yang ada di wilayah Kabupaten Tuban, Senin (10/11/2014).

Kegiatan pelatihan Jurnalistik dasar tersebut telah dilakukan sejak awal tahun 2014 yang lalu dengan langsung mendatangi sekolah-sekolah tingkat SLTA yang ada di wilayah Tuban. Termasuk sekolah yang ada di sekitar ring satu Pabrik PT Semen Indonesia.

"Untuk total sekolahan yang telah mengikuti kegiatan pelatihan dasar-dasar Jurnalistik sebanyak 29 SMA sederajat. Sedangkan perguruan tinggi ada tiga," terang Khoirul Huda, Ketua RPS Tuban yang merupakan komunitas wartawan Tuban.

Kegiatan pelatihan terakhir yang diberinama Sekolah Jurnalistik dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Tuban dengan jumlah peserta sebanyak 32 siswa. Para pelajar SMK tersebut sangat antusias untuk terkait jurnalistik dan juga menulis berita.

"Kita saling berbagi ilmu tentang dunia jurnalistik kepada pelajar. Harapannya mereka akan paham tentang jurnalistik dan bisa diterapkan dalam pembuatan majalah di sekolah," sambung Huda.

Pada kegiatan terakhir pelatihan dan juga penutupan Sekolah Jurnalistik langsung dihadiri oleh Bupati Tuban, Kepala Dinas Pendidikan dan juga perwakilan dari pihak PT Semen Indonesia. Dalam kesempatan itu, Bupati menyatakan jika kegiatan pelatihan jurnalistik sangat bermanfataan bagi para siswa untuk belajar menulis.

"Jadi hasil dari pelatihan seperti ini supaya bisa diterapkan oleh para siswa, minimal untuk membuat majalah dinding di setiap sekolah. Karena memang kalau untuk membuat majalah butuh biaya mahal," jelas Fatkhul Huda, Bupati Tuban saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut Bupati Tuban meminta kepada para siswa dari berbagai sekolah yang hadir dalam penutupan Sekolah Jurnalistik itu untuk menerapkan hasil pelatihan dengan menulis wawasan ilmiah. Karena hasil dari pelatihan tersebut kalau tidak diterapkan akan hilang begitu saja.[mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar