Merakurak Tuban diterjang Banjir dari Montong


Berita Tuban - Hujan lebat yang menguyur wilayah Kabupaten Tuban sekitar tiga jam lebih kembali mengakibatkan banjir bandang. Tak tangung-tangung banjir bandang tersebut menerjang pemukiman warga, Rabu (17/12/2014) malam.

Kali ini banjir bandang yang merupakan kiriman dari wilayah pegunungan kawasan Kecamatan Montong, Tuban itu menerjang pemukiman warga yang ada di Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Akibatnya ratusan rumah terendam air banjir dengan kondisi arus yang deras.

Banjir bandang tersebut menerjang pemukiman warga yang berada di dua desa di Kecamatan Merakurak, Tuban. Masing-masing adalah Desa Tuwiri Wetan dan sebagian wilayah Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

"Airnya datang dari selatan dari wilayah Hutan Gembol. Arusnya juga sangat kencang sekali," ujar Yuli, salah satu korban banjir Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Tuban.

Banjir bandang tersebut membuat ratusan warga yang ada di desa tersebut panik. Pasalnya tanpa diduga air bercampur lumpur tersebut datang dengan tiba-tiba dan langsung masuk ke area pemukiman termasuk rumah-rumah warga desa setempat.

"Ketinggian air ada yang mencapai sekitar satu meter. Semua ya panik, apalagi yang punya anak-anak kecil, tadi langsung semua keluar rumah," lanjut Slamet, salah satu warga yang ada di lokasi banjir bandang tersebut.

Dalam peristiwa banjir bandang tersebut tidak ada laporan adanya korban jiwa maupun korban luka-luka. Selain itu juga belum diketahui apakah ada rumah warga yang mengalami kerusakan atau tidak karena arus yang sangat deras.

"Tahun kemarin juga mengalami banjir bandang seperti ini. Tapi sekarang ini banjirnya lebih besar lagi, jadinya sangat meresahkan warga sekitar," ungkap Budiono, yang juga korban banjir bandang itu.

Dengan kondisi tersebut, warga dari dua desa tersebut berharap kepada pemerintah untuk membuat penahan air yang berasal dari gorong-gorong mulai dari wilayah Hutan Gembol, Kecamatan Montong, Tuban. Sehingga air dari wilayah penggunungan itu bisa tertahan dan tidak mengarah ke dua desa tersebut.[mut/kun]

0 komentar:

Posting Komentar