SI Beri 10.000 Biopori Tuban


Berita Tuban -Mendukung pencanangan pembuatan 200 ribu Biopori yang dilakukan Pemkab Tuban, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk sebagai perusahaan pertama yang mendukung program Pemkab Tuban untuk pencegahan bencana banjir, Rabu (17/12/2014).

Dalam mewujudkan pembuatan Biopori tersebut, PT Semen Indonesia akan membuat sebanyak 10 ribu Biopori. Yang mana nantinya pembuatan Biopori tersebut akan dilakukan menyebar di beberapa kelurahan di wilayah Kabupaten Tuban. "Langka dari Semen Indonesia ini merupakan pioner dalam menindaklanjuti apa yang telah dicanangkan Pemkab Tuban. Yaitu gerakan 200 ribu Biopori," terang Sunardi, Dirut PT Semen Gresik yang merupakan anak perusahaan dari Semen Indonesia.

Tahap awal pembuatan Biopori tersebut, PT Semen Indonesia akan membuat sebanyak 600 lubang resapan Biopori. Nantinya sebanyak 600 tersebut akan dilakukan di enam kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Kota Tuban dengan jumlah masing-masing kelurahan sebanyak 100 resapan.

"Untuk memenuhi total 10 ribu Biopori, Semen Indonesia akan menjalankannya bersama-sama dengan stakeholder dari warga masyarakat dan sekolah-sekolah Binaan Adiwiyata. Kita juga berikan pelatihan pembuatan resapan dan juga memberikan peralatan untuk membuat lubang Biopori," lanjutnya.

Sementara itu, pencanangan pembuatan sebanyak 200 ribu Biopori di wilayah Kabupaten Tuban tersebut akan berlangsung selama dua tahun. Nantinya pembuatan 200 ribu resapan air tersebut ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2016 nanti.

"Untuk mengawali pencanangan 200 ribu Biopori Semen Indonesia telah membantu sebanyak 10 ribu Biopori. Ini nantinya kekurangan akan kita konsolidasikan melalui dana Pemerintah Tuban, perusahaan lainnya yang ada di Tuban serta warga masyarakat," ujar Budi Wiyana, Plt Sekda Kabupaten Tuban.

Budi Wiyana berharap jika pelaksanaan pembuatan 200 ribu Biopori tersebut tidak hanya secara seremonial saja. Namun hal tersebut supaya bisa benar-benar terwujud dan sudah selesai pada akhir tahun 2016 nanti dengan harapan pembangunan dan pemanfaatan sumber daya alam bisa dinikmati generasi penerus.

Sementara itu, kegiatan pencanangan 200 ribu resapan Biopori untuk pencegahan banjir dan pelestarian alam tersebut di lakukan di alun-alun Kota Tuban. Yang mana pembuatan Biopori secara seremonial tersebut dihadiri oleh Bupati Tuban, jajaran Forpimda Tuban dan juga para pelajar yang ada di Kabupaten Tuban.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar