Puting Beliung di Parengan dan Tambakboyo Tuban


Berita Tuban - Cuaca buruk yang terjadi pada awal musim penghujan tahun ini sudah mengakibatkan banjir bandang dan juga angin puting beliung mulai menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Tuban, Kamis (18/12/2014).

Kali ini peristiwa angin puting beliung menerjang di wilayah Kecamatan Parengan dan Tambakboyo, Kabupaten Tuban. 

Akibatnya dua rumah milik warga dan satu bangunan gudang sekolah ambruk setelah diterjang angin puting beliung.

Data yang dihimpun wartawan, dua rumah yang rata dengan tanah diterjang puting beliung tersebut rumah milik Sumartono dan Darmuji, keduanya warga Kecamatan Parengan, Tuban. Sedangkan untuk bangunan lain yang ambruk akibat angin kencang itu adalah gudang dari SMK Miftachul Ansor yang ada di kecamatan tersebut.

"Selain dua rumah tersebut beberapa rumah warga juga mengalami kerusakan. Rata-rata mengalami kerusakan bagian atapnya," ujar Khozin, salah satu warga.

Selain di wilayah Kecamatan Parengan, angin kencang yang datang bersamaan hujan lebat tersebut juga menerjang Desa Pulogede,  Kecamatan Tambakboyo, Tuban. Satu pohon trembesi dengan ukuran besar dan sudah berusia puluhan tahun tumbang diterjang angin.

Pohon trembesi yang berukuran besar tersebut tumbang dan menimpa rumah milik Munaim, warga desa tersebut. Beruntung saat terjadinya pohon tumbang itu korban berhasil menyelamatkan diri dengan keluar cara keluar dari dalam rumah.

"Setelah ada informasi kita langsung turun lapangan untuk memberikan pertolongan pada korban. Alhamdulillah tidak sampai ada korban jiwa, walaupun angin membuat rumah rusak," terang Joko Ludiono, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban.

Meski tidak ada korban jiwa maupun korban lukan, kerugian akibat peristiwa angin puting beliung yang menerjang pemukiman warga tersebut ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Pasalnya banyak rumah warga yang mengalami kerusakan parah maupun kerusakan ringan.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar