Operasi Simpatik Perempatan Basra Tuban


Berita Tuban - Selama pelaksanaan operasi Simpatik 2015 yang berlangsung selama tiga minggu sejak awal bulan April 2015 ini, petugas kepolisian dari jajaran Polres Tuban telah melaksanakan kegiatan operasi tersebut dengan cara melakukan teguran terhadap pengendara.

Sedikitnya, selama operasi Simpatik 2015 petugas memberikan teguran sebanyak 1.932 pengendara kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran. Sedangkan untuk pengendara yang sangat membahayakan dan rawan menyebabkan kecelakaan dilakukan penindakan tegas dengan cara ditilang.

"Selama kegiatan operasi Simpatik 2015 ini kita lakukan teguran kepada pengguna jalan yang melakukan pelanggaran. Namun jika pelanggarannya sudah membahayakan atau menimbulkan kerawanan terjadinya kecelakaan maka terpaksa kita tilang," ujar AKP Muhammad Fakih, Kasat Lantas Polres Tuban, Kamis (23/04/2015).

Adapun untuk jenis pelanggaran yang paling banyak dilakukan oleh pengendara motor adalah melanggar lampu lalu lintas, tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan, tidak memiliki SIM dan juga tidak menggunakan helm. Sedangkan pelanggaran untuk kendaraan barang paling banyak adalah melebihi kapasitas muatan.

"Untuk pengendara motor paling banyak tidak memiliki kelengkapan surat-surat. Sedangkan kendaraan barang paling banyak adalah melebihi muatan," lanjut Kasat Lantas.

Dalam pelaksanaan Operasi Simpatik 2015 selain melakukan kegiatan razia yang bersifat teguran, petugas kepolisian Sat Lantas Polres Tuban juga sering melakukan sosialisasi. Yang mana tujuan dari sosialisasi untuk mengajak kepada masyarakat selalu tertib dalam berlalu lintas.

"Untuk kegiatan Ops Simpatik 2015 ini kita juga melakukan sosialisasi di jalan-jalan dengan membagikan helm kepada para pengendara motor. Kita mengimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk selalu santun dan tertib saat berkendara," paparnya.

Sementara itu, dari hasil evaluasi pelaksanaan Operasi Simpatik 2015 ini untuk kejadian kecelakaan mengalami penurunan. Sehingga diharapkan dengan gencarnya kegiatan sosialisasi mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat guna selalu tertib dalam berkendara.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar