Tuban Tuan Rumah Ajang Kompetisi Seni Dan Olahraga MA Jatim


Berita Tuban - Kabupaten Tuban menjadi tuan rumah dalam rangka pelaksanaan Ajang Kompetisi Seni dan Olahrga (AKSIOMA) ke 9 tingkat Madrasah Aliyah (MA) se Jawa Timur 2015 yang diikuti oleh ribuan peserta pelajar MA dari berbagai kabupaten di Jatim.

Pembukaan kegiatan Aksioma yang akan berlangsung selama empat hari tersebut dilakukan di alun-alun Kabupaten Tuban. Ajang kompetisi bagi para pelajar yang dilaksanakan dua tahunan tersebut di buka oleh Lukman Hakim S, Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia yang sebagai Inspektur Upacara, Jumat (08/05/2015).

Kegiatan kompetisi yang memperbandingkan berbagai olahraga dan seni itu dihelat oleh Musyawarah Kerja Kepala (MKK) MAN se- Jatim. Yang mana acara ini diikuti 38 kabupaten di Jawa Timur dan melibatkan sekitar 2.028 peserta dan didampingi 766 Guru sebagai official.

"AKSIOMA ini diikuti peserta yang akan bertanding di 18 cabang kejuaraan," jelas Makhfud Sodar, selaku Kepala Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur saat memberikan sambutan dalam kegiatan itu.

Sebanyak 18 cabang kejuaraan yang akan dipertandingkan dalam kompetisi itu diantaranya adalah atletik lari, Futsal, Tenis Meja Bola Volly, Catur dan juga Badmointon. Selain itu adalah kejuaraan MTQ, Fahmil Qur'an, Pidato Bahasa Arab/Inggris, Festival Musik Band Islami, Cipta Puisi Kandungan Al Qur’an, Desain Grafis, Kaligrafi dan Khifdlil Qur’an.

Sementara itu, dalam kesempatan itu Menteri Agama, Lukman Hakim  menyatakan memberikan  apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan kompetisi akbar antara pelajar Madrasah Aliyah ini.

"Atas nama pribadi dan pemerintah saya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini," ujar Lukman Hakim, Menteri Agama RI saat memberikan sambutan kegiatan itu.

Dia mengatakan, kalau madrasah selama ini tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat. Institusi ini juga berkembang jauh sebelum Indonesia memproklamirkan diri kemerdekaannya. Madrasah tidak hanya institusi yang setara dengan sekolah umum, melainkan lembaga pendidikan yang mempunyai nilai plus.

"Untuk itu saya menyatakan selamat bertanding bagi atlet muda dan jawara," pungkasnya.

Selain kegiatan kompetisi berbagai perlombaan tersebut dalam pelaksanaan AKSIOMA se Jatim yang ke 9 kali ini juga dimeriahkan dengan adanya bazar. Yang mana bazar tersebut diisi dengan berbagai hasil karya para pelajar MA dari berbagai kabupaten yang ikut dalam kompetisi di Bumi Wali Tuban.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar