Tahun 2013 Jumlah Kriminalitas di Tuban Jawa Timur Meningkat

Rabu, 25 Desember 2013 22:14:48
Reporter : M Muthohar

Berita Tuban - Tindakan kriminalitas yang terjadi di wilayah Kabupaten Tuban selama tahun 2013 ini mengalami peningkatan kasusnya dibandingkan dengan tahun 2012 lalu. Selain itu, untuk pengungkapan kasusnya juga meningkat di tahun ini.

Dari data yang dihimpun wartawan, selama tahun 2013 ini setidaknya ada sebanyak 623 kasus kriminalitas yang terjadi di wilayah hukum Polres Tuban. Hal itu mengalami kenaikan dari pada tahun 2012 yang jumlahnya mencapai 582 kasus kriminalitas.

"Meski mengalami kenaikan kejadiannya tapi hal itu diimbangi dengan pengungkapan kasusnya yang juga meningkat. Untuk tahun 2012, 85 persen penyelesaiannya, sedangkan tahun ini penyelesaian kasusnya mencapai 87 persen," ungkap AKBP Ucu Kuspriyadi, Kapolres Tuban, saat menggelar Press Release kejadian selama satu tahun ini, Rabu (25/12/2013).

Beberapa kasus menonjol yang terjadi selama 2013 ini diantaranya adalah kasus Pencurian Dengan Pemberatan (Curat) dengan sebanyak 80 kasus. Yang mana hal itu meningkat 11 persen dari tahun sebelumnya yang hanya 68 kejadian Curat itu.

Selain kasus kriminalitas Curat, peritiswa yang menonjol lainnya adalah kasus Pencurian Kendaraan Bermoto (Curanmor). Yang mana tahun 2012 sebanyak 36 kasus kini naik menjadi 70 kasus kejadian Curanmor diwilayah Tuban, untuk pengungkapan kasusnya juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Untuk kasus pencurian kayu juga meningkat, tapi semua berhasil diungkap seratus persen. Termasuk pengungkapan penjarahan hutan yang dilakukan oleh Parto Sukiran CS yang terjadi pada bulan Oktober kemarin," lanjut Kapolres.

Untuk kasus Perlindungan Anak di bawah umur tahun 2013 ini mengalami penurunan jumlahnya. Dari yang sebelumnya sebanyak 38 kasus pencabulan anak di bawah ini, kini kasus ini menurun menjadi 30 kasus masuk laporan ke Mapolres Tuban.

"Kasus-kasus kriminalitas itu mengalami peningkatan pada tahun ini karena para residivis sudah banyak yang bebas tahun ini. Dan sebagian besar pelaku kejahatan yang kita tangkap merupakan residivis," pungkasnya. [mut/kun]

0 komentar:

Posting Komentar