KPUD Tuban Ajari Coblos Pemilu di LP


Berita Tuban - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 yang tinggal beberapa hari lagi, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tuban melakukan kegiatan sosialisasi terkait pencoblosan di Lapas Kelas IIB Kabupaten Tuban, Sabtu (29/03/2014).

Dalam soasialisasi tersebut, pihak KPUD Tuban memberikan pengenterian kepada para Nara Pidana yang berada di Lapas tersebut terkait bagaimana cara melakukan pencoblosan dalam Pemilu pada tanggal 09 April 2014 nanti.

"Kita memberikan sosialisasi ini adalah untuk menyampaikan informasi terkait dengan pelaksanaan Pemilu. Karena siapapun yang mempunyai hak pilij itu wajib mengerti tentang Pemilu ini, supaya mereka tidak salah menggunakan hal suaranya," terang Yayuk Agus Dwi Sulistyorini, Komisioner KPUD Tuban.

Pada kesempatan sosialisasi bagi para Napi yang ada di Lapas Tuban itu, pihak KPUD Tuban memberitahukan bagaimana cara melakukan pencoblosan saat pemilihan nanti. Yakni dengan mempernalkan empat lembar kertas surat suara yang akan dipilih masing-masing Napi saat pelaksanaan pemilihan nanti.

"Untuk para Napi yang sudah mempunyai hal suaya supaya mengetahui bagaimana cara memilih. Supaya nanti mereka tetap menyampaikan hak suaranya dan tidak Golput saat pemilihan nanti," lanjut Yayuk, saat berada di Lapas Kelas IIB Tuban.

Sementara itu, dalam pelaksanaan Pileg nanti, pihak KPUD Tuban akan membuat satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lapas tersebut. Yang mana TPS itu merupakan TPS 8 yang ikut dalam Kelurahan Sedangharjo, Kecamatan Kota Tuban. 

"Untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah dalam daftar ada 310 pemilih. Sedangkan jika nanti ada tambahan pemilih yang belum masuk dalam DPT akan ada formulir A Lima untuk memilih di Lapas Tuban," lanjutnya.

Selain itu, dalam waktu dekat melalui pihaknya akan memasang gambar dari masing-masing Calon Legislatif (Caleg) baik DPR, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten sebelum hari pelaksanaan pemilihan. Tujuannya supaya para Nara Pidana yang ada di Lapas Tuban itu mengetahui Caleg mana yang harus dipilih. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar