Mahasiswa Tuban Demo Kedatangan Presiden SBY


Berita Tuban - Puluhan aktivis mahasiswa gabungan dari Forum Mahasiswa Tuban  melakukan aksi turun jalan menjelang kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di wilayah Kabupaten Tuban. 

Dalam aksinya tersebut puluhan mahasiswa di hadang oleh petugas kepolisian yang mengetahui aksi unjuk rasa tersebut. Sempat terjadi ketegangan antara mahasiswa dan petugas, akibatnya tiga orang mahasiswa sempat diamankan oleh petugas, Rabu (12/03/2014).

Pantuan wartawan di lapangan, puluhan mahasiswa dari dari LMND, PMII, GMNI dan IMM melakukan aksinya dari kampus Universitas Ronggolawe (Unirow) jalan Manunggal, Kabupaten Tuban. Kemudian mereka melakukan aksinya dengan berjalan kaki menuju Pemkab Tuban.

Saat ditengah jalan puluhan mahasiswa tersebut bertemu dengan petugas kepolisian Polres Tuban yang melakukan pengamanan. Kemudian mereka terlibat saling dorong, lantaran petugas mengambil spanduk yang dibawa oleh para peserta yang berisikan tuntutan mereka menyambut kedatangan presiden.

Saat terjadi saling dorong dan kericuhan itu, petugas kemudian mengamankan tiga peserta unjuk rasa. Kemudian mahasiswa yang melakukan demo menjelang kedatangan Presiden itu langsung diamankan dan dibawa menggunakan truk.

"Pihak kepolisian telah melanggar, membawa teman-teman kami. Kami disini hanya ingin menyampaikan aspirasi," teriak Fatkhur, salah satu mahasiswa yang menjadi peserta aksi unjuk rasa itu.

Dalam aksinya tersebut, para mahasiswa meminta kepada Presiden SBY untuk segera menuntaskan masalah korupsi di Indonesia, khususnya kasus Century, menolak UU BPJS dan SJSN serta pemerintah segera menyelesaikan konflik Agraria. 

"Tuntaskan kasus korupsi di negeri ini, selesaikan kasus Agraria, dan kita menolak Undang-Undang BPJS dan SJSN," teriak peserta aksi demo itu.

Setelah sempat terjadi ketegangan dan tiga mahasiswa diamankan aksi terus berlanjut dengan meminta teman-teman mereka di lepaskan. Kemudian setelah bernegosiasi akhirnya tiga mahasiswa tersebut berjanji akan di lepaskan oleh petugas. 

Kemudian para mahasiswa itu melanjutkan aksinya di depan kantor Pemkab Tuban. Perwakilan dari mahasiswa tersebut melakukan dialog degan perwakilan Pemkab Tuban untuk menyampaikan aspirasinya itu.(mut/ted)

0 komentar:

Posting Komentar