Bulan Mei, Harga Lombok di Tuban Murah


Berita Tuban - Memasuki musim panen raya, harga cabe di wilayah Kabupaten Tuban turun drastis. Hal tersebut membuat petani cabe yang ada di sejumlah kecamatan di Tuban itu menjerit dengan anjloknya harga itu, Sabtu (10/05/2014).

"Sekarang ini harga cabe sangat murah sekali mas, beda saat kita masih belum panen kemarin," terang Jali (49), salah satu petani cabe asal Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Dari sejumlah informasi yang dihimpun wartawan, harga cabe rawit merah mengalami penurunan yang sangat banyak sekali. Jika sebelumnya harganya mencapai kisaran Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu perkilonya, sekarang ini tinggal Rp 7.000 per kilogramnya dari petani dibeli oleh tengkulak.

"Setiap petani panen harganya pasti anjlok, kalau begini terus gimana kita bisa untung. Untuk biaya produksi saja kita susah," lanjut petani asal Desa Tegalrejo, Kecamatan Kerek, Tuban itu.

Sedangkan untuk harga cabe rawit hijau justru lebih murah lagi, para petani menjual kepada para tengkulak dengan harga Rp 3.000 perkilogramnya. Sedangkan sekitar satu bulan yang lalu harga cabe rawit hijau masih mencapai harga Rp 23 ribu perkilonya.

Sejumlah petani menduga jika anjloknya harga cabe tersebut akibat banyaknya hasil penan dari para Petani. Sedangkan untuk jumlah permintaan pasar tidak seimbang dengan hasil panen dari para petani di wilayah Tuban itu.

"Ini sudah biasa, hampir setiap tahun seperti ini. Kalau musimnya panen pasti harganya anjlok," lanjut Sarbini, petani asal Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Tuban.

Akibat merosotnya harga cabe tersebut, sejumlah petani mengaku mengalami rugi. Pasalnya harga tersebut tidak seimbang dengan biaya perawatan, mulai dari taman sampai panen.

"Kalau dihitung-hitung tenaga ya rugi juga, makanya ini kita panen seadanya. Biasanya kalau harganya mahal untuk panen kita bisa membayar orang untuk membantu memetik," ungkap petani tersebut.

Sementara itu, para petani cabe itu berharap pemerintah untuk bisa turut serta mengendalikan harga cabe di pasaran. Supaya para petani cabe yang saat ini mengalami panen bisa mengambil untung dari hasil pertanian mereka. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar