Polisi Tuban Tilang Siswa Konvoi Kelulusan


Berita Tuban - Petugas dari Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Tuban menindak tegas terhadap para pelajar yang melakukan konvoi kendaraan sepeda motor saat pesta kelulusan setelah pengumuman hasil Ujian Nasional (Unas), Rabu (21/05/2014).

Petugas membubarkan para pelajar yang nekad melakukan konvoi, selain itu jika ada pelajar yang melanggar peraturan lalu lintas langsung ditindak dengan diberikan surat tilang para pelajar yang melanggar.

Puluhan pelajar tertangkap oleh petugas kepolisian Polres Tuban yang melakukan patroli untuk mengantisipasi konvoi kelulusan pelajar yang dinilai sangat menganggu bagi ketertiban lalu lintas di jalan raya. 

Pelajar yang berhasil ditangkap oleh petugas saat diketahui melanggar aturan lalu lintas tersebut langsung diminta untuk menunjukkan surat-surat kendaraan. Termasuk juga apakah pelajar memiliki surat ijin mengemudi atau tidak.

"Kita menindak tegas pelajar yang melakukan konvoi. Apabila kedapatan tidak memiliki kelengkapan berkendara maka langsung kita Tilang," terang IPDA Nungki, Kanit Turjawali, Polres Tuban.

Selain memeriksa kelegkapan surat-surat kendaraan petugas dari anggota Lalu lintas yang melakukan patroli konvoi pelajar itu juga memeriksa kelengkapan perlengkapan sepeda motor yang digunakan untuk berkonvoi.

Yakni mulai dari kelengkapan spion, helm, maupun ban sepeda para pelajar yang berkonvoi itu. Jika memang sepeda motor yang tertangkap itu menggunakan ban kecil maka langsung diamankan dan dibawa ke Polres Tuban.

"Kalau memang kendaraannya tidak memenuhi standart kelengkapannya, maka kita meminta pelajar itu melengkapi sesui dengan standartnya. Misalkan bannya kecil harus diganti dengan ban yang standart," ungkapnya.

Sementara itu, sejak kemarin untuk mencegah dan memecah aksi konvoi yang dilakukan oleh para pelajar saat pesta kelulusan puluhan petugas dari Sat Lantas Polres Tuban di terjunkan. Anggota dari Sat Lantas dibagi menjadi dua tim untuk berpatroli dan membubarkan kerumunan pelajar yang masih nekad berkonvoi.[mut/kun]

0 komentar:

Posting Komentar