Wartawan Bagi-Bagi Ilmu di MAN Tuban


Berita Tuban - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), sejumlah wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Tuban mengajar ilmu tentang Jurnalitik kepada puluhan siswa, Jumat (02/04/2014).

Kegiatan Sekolah Jurnalistik tersebut dilakukan oleh para Jurnalis dari berbagai media itu di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tuban, jalan HOS Cokoraminoto, Kabupaten Tuban. Sedikitnya kegiatan tersebut diikuti 30 siswa-siswi dari sekolah tersebut.

"Kita ingin memperingati Hardiknas ini dengan berbagi ilmu kepada para pelajar. Tentunya yang sesua dengan bidang kita, yakni sekitar Jurnalistik," terang Dion Fajar, wartawan tv swasta yang merupakan panitia pelaksana kegiatan Sekolah Jurnalistik untuk para pelajar itu.

Khoirul Huda, selaku ketua Ronggolawe Perss Solidarity (RPS) yang merupakan komunitas wartawan di Tuban itu menyatakan bahwa kegiatan tersebut digagas oleh para wartawan di Tuban itu untuk berbagai ilmu dan pemahaman kepada para pelajar terkait dengan kegiatan Jurnalistik.

"Kita sebagai wartawan juga ingin memberikan kontribusi langsung kepada para pelajar dengan berbagi ilmu tentang jurnalistik. Karena sekarang ini di setiap sekolah sudah pasti memiliki media untuk kalangan pelajar," sambung Khoirul Huda, yang berada di lokasi pelatihan itu.

Puluhan pelajar dari MAN Tuban yang ikut dalam kegiatan Sekolah Jurlatistik tersebut diberikan materi tentang dasar-dasar jurnalistik, teknik wawancara, teknis menulis berita hingga sampai dengan praktek menulis berita.

"Kegiatan ini kita lakukan sehari, tujuannya biar siswa benar-benar memahami materi. Selain itu kita berharap bisa diterapkan untuk pembuatan media sekolah mereka," lanjut wartawan koran harian tersebut.

Sementara itu, Suminto, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan MAN Tuban, memberikan apresiasi dengan kegiatan tersebut. Ia menyatakan kalau para pelajar memang membutuhkan pengetahuan jurnalistik langsung dari pelaku profesi ini.

"Kalau bisa malah pelatihan dan kegiatan seperti ini bisa sering diadakan di sekolah. Pengathuan ini penting, supaya siswa dapat membenahi majalan sekolah," terang Suminto, Waka Kesiswaan MAN Tuban yang membuka kegiatan itu. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar