Daftar Pemilih Tetap Pilpres Naik di Tuban



Berita Tuban - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tuban telah melakukan rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk proses Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) yang akan berlangsung satu bulan lagi, Selasa (10/06/2014).

Dalam penetapan DPT yang pertama kali ini ada penambahan sebanyak 6.302 pemilih dibandingkan dengan daftar pemilih tetap pada saat pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) kemarin. Bertambahnya jumlah DPT dalam pelaksanaan Pilpres nanti itu akibat adanya pemilih pemula yang sudah masuk DPT.

Data yang dihimpun wartawan
, jumlah total DPT dalam Pilpres 2014 ini di wilayah Kabupaten Tuban sebanyak 929.160 pemilih. Sedangkan untuk jumlah pemilih pada Pileg kemarin adalah 922.858 pemilih dari seluruh wilayah Kabupaten Tuban. 

"Bertambahnya DPT dalam Pilpres ini disebabkan dengan adanya tambahan dari pemilih pemula. Hal ini diketahui setelah pihak KPU melakukan validasi terhadap data pemilih," jelas Yayuk Dwi Agus Sulistyorini, selaku Komisoner KPUD Tuban.

Meski sudah ditetapkan dengan melibatkan semua pihak, yakni mulai dari Panwaslu Tuban, Forpimda dan juga para perwakilan dari Partai Politik (Parpol) jumlah tersebut masih bisa berubah. Pasalnya jika ada warga yang sudah cukup usia dan belum masuk dalam DPT bisa untuk mendaftarkan diri menjadi pemilih.

"Sesuai dengan PKPU nomer 9 tahun 2014, ketika ada warga yang sudah memenuhi syarat untuk memilih tetapi belum masuk dalam DPT maka bisa didata oleh PPS untuk menjadi pemilih khusus," lanjut Yayuk.

Sementara itu, dalam pelaksanaan Pilpres nanti jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah Kabupaten Tuban ini mengalami penurunan. Yang mana sebelumnya ada sebanyak 2.909 TPS kini berkurang sekitar 827 TPS dan menjadi 2.082 TPS yang tersebar di sebanyak 328 desa yang ada di Tuban.

"Sesuai dengan peraturan yang ada, untuk Pilpres dalam satu TPS maksimal bisa digunakan untuk 800 pemilih. Sehingga jumlahnya berkurang dari pelaksanaan Pileg kemarin," pungkasnya.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar