Jalan Aspal di Tuban Rusak


Berita Tuban - Kerusakan kondisi jalan raya di wilayah Kabupaten Tuban terus bertambah dari hari ke hari, namun sejauh ini belum ada tindakan secara nyata yang dilakukan Pemkab Tuban untuk melakukan perbaikan jalan yang konidisinya rusak parah, Kamis (12/06/2014).

Kerusakan jalan raya penghubung antar kecamatan maupun antar desa di Kabupaten Tuban yang mempunyai julukan Bumi Wali tersebut sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir ini pada saat musim hujan masih terjadi. Awalnya jalan yang mengalami kerusakan ringan kiini sudah semakin parah karena belum ada perbaikan.

Kondisi jalan yang sekarang mengalami kerusakan parah diantara di Kecamatan Grabagan Tuban, Kecamatan Tambakboyo, Kecamatan Jenu, Merakurak, Kecamatan Semanding dan Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Hampir setiap titik ruasa jalan di kecamatan tersebut terdapat kerusakan akibat belum adanya perawatan ataupun perbaikan.

"Awalnya jalan di sini rusaknya belum terlalu parah, tetapi karena tidak kunjung dilakukan perbaikan makanya sekarang sudah banyak lubang besar. Ini sangat membahayakan bagi pengguna jalan, khususnya sepeda motor," terang Suwarno (26), salah satu pemuda yang biasa melintas di jalan raya Kecamatan Grabagan, Tuban itu.

Warga merasa kawatir jika kondisi jalan yang rusak tersebut terus dibiarkan makan justru kondisinya akan lebih parah lagi. Sehingga selain membahayakan bagi pengguna jalan, kondisi jalan rusak juga bisa menghambat perekonomian bagi warga sekitar karena jalan tersebut akan sepi.

"Kalau dibiarkan saja seperti ini akan semakin parah, pasti yang lewat sini jarang. Jadinya pasti pengaruh dengan perekonomian warga terutama pemilik warung yang ada di Grabagan sini," ujar salah satu pemilik warung makan yang ada di Kecamatan Grabagan itu.

Sementara itu, seharusnya perbaikan jalan yang rusak yang hampir menyeluruh terjadi di beberapa kecamatan di Tuban itu sudah dilakukan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Tuban. Pasalnya untuk anggaran perbaikan jalan yang rusak tahun ini telah disahkan sebanyak Rp 138 miliar, tetapi realisasinya belum jelas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Kabupaten Tuban,  Choliq Qunaisih saat dikonfirmasi mengaku, pemerintah  akan segera memperbaiki jalan yang rusak. Namun sebelum itu, akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu apakah jalan yang rusak itu ikut masuk anggaran tahun ini atau tidak.

"Kalau memang masuk dan telah dianggarkan APBD tahun ini akan segera kami tangani pada akhir bulan ini atau awal bulan depan," jelas Choliq Qunnasich, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tuban.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar