Klenteng Tjoe Ling Kiong Tuban Gelar Ritual Rebutan


Berita Tuban - Guna menghormati para arwah leluhur, Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Tjoe Ling Kiong yang berada di jalan Panglima Sudirman, Kabupaten Tuban menggelar ritual Sembahyang Sedekah Bumi, Rabu (13/08/2014).

Ritual sembahyang yang dilakukan setiap bulan tujuh tahun imlek tersebut dilakukan oleh para umat dari Tri Dharma. Selain sembahyang dalam ritual tersebut mereka juga menyediakan bunceng yang diperebutkan oleh warga.

"Ritual Sembahyang Sedekah Bumi ini juga bisa kita sebut dengan Sembahyang Rebutan. Kita telah menyediakan bunceng untuk direbut oleh warga," terang Gunawan Putra Wirawan, selaku ketua dari kleteng tersebut.

Pantuan wartawan, pihak kleteng Tjoe Ling Kiong telah menyediakan sebanyak 500 bungkus bunceng yang berisikan nasi dan juga jajanan lainnya. Sedangkan sejumlah warga sudah menunggu di luar pagar kleteng untuk ikut merebut bunceng yang ada.

Rebutan dilakukan setelah para umat Tri Dharma selesai melakukan sembahyang. Warga yang sudah mengantri langsung menyerbu dan saling rebut bunceng yang telah dibungkus dengan menggunakan plastik merah.

"Kita sediakan sebanyak lima ratus bungkus bunceng untuk diperebutkan. Ini merupakan sumbangan dari para umat untuk bersedekah," tambah Gunawan, setelah ritual tersebut.

Gunawan menjelaskan, bahwa ritual rebutan yang digelar tersebut untuk mendoakan dan menghormati para lelulur pendahulu yang sudah tidak didoakan oleh keluarganya atau yang keluarganya tidak ikut sembahyang. 

"Kita mendoakan dan menghormati semua leluhur yang telah ditinggalkan keluarganya. Baik karena sudah lupa ataupun yang keluarganya pindah keyakinan. Kita berharap semua arwah leluhur mendapatkan ketenangan di alam sana," pungkasnya. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar