Tangki Pengangkut BBG Bocor di Jalur Pantura Tuban


Berita Tuban - Sebuah tabung yang berisikan Bahan Bakar Gas (BBG) yang diangkut dengan menggunakan kendaraan truk trailer mengalami kebocoran pada penutup krannya di jalur Pantura Tuban, Desa Minohorejo, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Kamis (14/08/2014).

Akibat peristiwa tersebut membuat sejumlah warga dan juga pengguna jalan tersebut geger. Pasalnya gas yang berasal dari dalam tangki truk trailer tersebut menyembur dan rawan terjadinya ledakan ataupun kebakaran.

Dari sejumlah informasi yang dihimpun beritajatim.com, kejadian bocornya gas itu berawal saat truk trailer pengangkut BBG nopol W 8410 UZ yang dikemudikan oleh Rudi Hermawan (27), asal Desa Gajah, Kecamatan Bourno, Kabupaten Bojonegoro berjalan dari Gresik mau ke Kudus, Jateng.

Selanjutnya, saat sampai di jalan raya Tuban-Surabaya, KM 13 Desa Monihorejo, Kecamatan Widang, dari tangki truk tersebut mengeluarkan gas dengan suara semburan yang keras. Sedangkan pengemudi lain yang ada di belakang truk itu mengetahui gas keluar dari tangki itu.

"Mulainya setelah ada jalan agak jelek setelah jembatan timbang. Tiba-tiba gasnya terlihat mengepul keluar ke atas," ujar Erwin, pengemudi lain yang mengetahui kejadian itu.

Mengetahui kejadian bocornya gas tersebut, pengemudi truk trailer pengangkut gas milik PT Prime Energy Suplay (PES) langsung menepikan kendaraannya. Untuk menghindari kejadian kebakaran atau ledakan kemudian pengemudi menghentikan sejumlah kendaraan yang melintas. 

"Tidak sampai kebakaran. Tadi saya langsung turun menghentikan kendaraan lainnya, ini gasnya langsung habis," ungkap Rudi Hermawan, yang merupakan pengemudi truk pengangkut BBG tersebut.

Ia menjelaskan, jika bocornya gas tersebut akibat dari kran penutup gas tersebut terbuka. Sehingga gas langsung keluar melalui pipa yang mengarah keatas dan membuat gas dengan kapasitas 220 Bar habis menguap. "Tadi keluar asapnya karena tekanan yang tinggi. Jadi sekarang sudah aman karena isinya sudah kosong," lanjutnya.

Dengan adanya peristiwa kebocoran gas tersebut sebanyak dua mobil PMK dari Pemkab Tuban langsung diterjunkan dilokasi untuk melakukan antisipasi. Kini kendaraan trailer tangki BBG tersebut diamankan oleh petugas Sat Lantas Polres Tuban untuk penyelidikan lebih lanjut.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar