Polres Tuban Tilang Pick Up Bawa Jerami Berlebihan


Berita Tuban - Menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas dan  membahayakan bagi pengguna jalan lainnya, petugas dari Sat Lantas Polres Tuban menindak tegas sejumlah kendaraan bak terbuka pengangkut jerami yang kelebihan muatan, Kamis (16/10/2014).

Namun sebelum melakukan penindakan secara tegas dengan cara ditilang, petugas sebelumnya telah memberikan sosialisasi terhadap para pengemudi untuk tidak mengangkut jerani berlebihan. Selain itu petugas juga memberikan arahan supaya para pengemudi menutup muatan jerami itu. "Kita sudah lama melakukan sosialisasi. Maka jika mereka masih ada yang melanggar kita tidak tegas," terang AKP Faqih, Kasat Lantas Polres Tuban.

Menurutnya, untuk penindakan yang pertama dilakukan oleh anggota Lalu Lintas dengan cara memberikan teguran kepada para pengemudi bak terbuka yang mengangkut jerami secara berlebihan. Jika memang mereka kembali melakukan pelanggaran maka baru dilakukan tindakan tilang.

"Selama ini banyak kendaraan pengangkut jerami yang berlebih dan hanya ditutup dengan terpal sebagai syarat saja. Sejauh ini masih kita tindak bersifat teguran, kalau masih dilakukan baru kita tilang," lanjutnya.

Kasat Lantas menjelaskan jika kegiatan sosialisasi terhadap para sopir pengangkut jerami sudah sering dilakukan melalui polsek-polsek yang ada di Kabupaten Tuban untuk menggunakan penutup terpal. Karena kalau dibiarkan saja justru melanggar aturan karena muatan berlebihan dan membahayakan pengendara lainnya. "Kalau kita stop malah kasihan, karena memang jerami menjadi kebutuhan untuk pakan ternak di musim kemarau. Makanya kami menghimbau muatannya supaya tidak terlalu tinggi dan harus ditutup terpal," pungkasnya.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar