SI Tuban Buat WHRPG


Berita Tuban - Guna memanfaatkan gas buang dari operasional pabrik, PT Semen Indonesia Tbk pabrik Tuban hari ini mulai melakukan pembangunan pembangkit listrik dengan menggunakan gas buang atau Waste Heat Recovery Power Generation (WHRPG), Rabu (22/10/2014).

Proyek pembangunan pembangkit listrik tersebut merupakan kerjasama antara PT Semen Indonesia Tbk dengan JFE Engineering Jepang. Pembangkit listrik WHRPG tersebut akan digunakan untuk memasok penggunaan listrik di pabrik Semen Gresik yang ada di Kabupaten Tuban.

Pembangunan proyek WHRPG tersebut akan memakan waktu selama 26 bulan. Yang mana dimulai pada bulan Oktober 2014 ini dan nanti akan selesai dan sudah ditargetkan beroperasi pada akhir semester II tahun 2016 nanti.

"Proyek WHRPG tersebut akan dibangun di Pabrik Tuban 1, Tuban 2, Tuban 3 dan Pabrik Tuban 4. Sehingga proyek ini merupakan pertama kalinya di Indonesia dalam satu area seluruh panas buang dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik," terang Dwi Soetjipto, selaku Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Dwi Soetjipto menjelaskan bahwa pembangunan WHRPG yang mulai dibangun di Pabrik Tuban tersebut akan menghasilkan kapasitas listrik sebesar 30,6 Mega Watt (MW). Yang mana untuk pembangunan proyek WHRPG tersebut membutuhkan investasinya sebesar Rp 638 miliar dan sebagian merupakan bantuan dari Jepang.

"Dengan selesainya pembangunan proyek ini maka akan mengurangi penggunaan listrik dari PLN sebesar 152 Kwh pertahun. Dengan itu bisa menghemat untuk biaya listrik sebesar 120 miliar rupiah pertahun," tambah Direktur Semen milik BUMN tersebut.

Tak hanya membawa efisiensi pada pembiayaan listrik, dengan dibangunnya pembangkit listrik yang berasal dari gas panas dari produksi semen tersebut juga membawa manfaat bagi lingkungan. Karena bisa mengurangi keberadaan emisi gas buang yang dihasilkan dari produksi semen tersebut.

"Dengan demikian kita tidak hanya berfikir untuk perusahaan saja tapi juga lingkungan, karena bisa mengurangi emisi gas buang. Pembangunan teknologi ini merupakan yang kedua, setelah sebelumnya telah dibangun di pabrik Indarung Padang pada tahun 2011," pungkasnya.

Sementara itu, kegiatan peletakan batu pertama pembangunan proyek pembangkit listrik tersebut dihadiri oleh Bupati Tuban bersama jajaran Forpimda Kabupaten Tuban. Selain itu juga diikuti oleh Tetsuo Tsuyuguchi, selaku Managing JFE Engeneering Corporation yang merupakan perusahaan pembuat alat tersebut.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar