Tuban Daerah Termiskin Peringkat 7 di Jawa Timur


Berita Tuban - Banyaknya sejumlah industri dan juga perusahaan skala nasional maupun internasional ternyata belum mampu untuk meningkatkan tarap kehidupan bagi warga masyarakat Kabupaten Tuban, pasalnya angka kemiskinan di Bumi Wali tersebut masih tinggi, Jumat (24/10/2014).

Meski peningkatan ekonomi dan perkembangan industri cukup pesat, angka kemiskinan di wilayah Kabupaten Tuban masih berada di peringkat ke 7 daerah termiskin dari 38 kabupaten di Jawa Timur. Sedangkan pada empat tahun lalu Kabupaten Tuban menduduki urutan ke 4 daerah termiskin di Jawa Timur.

"Alhamdulillah pada tahun ini kita sudah berhasil menurunkan angka kemiskinan. Yang mana dulu pada urutan ke 4 sekarang berada di urutan ke 7," terang Noor Nahar Husain, Wakil Bupati Tuban.

Wakil Bupati menjelaskan, sebelumnya angka kemiskinan di Kabupaten Tuban ini mencapai 21 persen dari jumlah penduduk yang ada. Sedangkan untuk tahun ini Pemkab Tuban berhasil menurunkan jumlah angka kemiskinan menjadi 17 persen dari sebanyak sekitar 1 juta penduduk di Tuban.

"Kita masih terus berjuang untuk pengentasan jumlah kemiskinan di Kabupaten Tuban. Kita terus berjuang bersama warga masyarakat untuk terus menekan angka kemiskinan," lanjut Wakil Bupati. 

Guna melakukan penekanan terhadap jumlah warga miskin, Pemkab Tuban telah melakukan berbagai upaya. Yang mana salah satunya adalah dengan melakukan program Gerakan Membantu Masyarakat Miskin (Gematumaskin) yang mana telah dilaksanakan mulai tahun 2012 yang lalu.

"Program Gematumaskin ini sangat efektif dan terbukti telah berhasil mengurangi angka kemiskinan di Tuban. Kita berharap dengan berbagai kedepan kita terus bisa menekan angka kemiskinan," pungkasnya.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar