PSKS Diselewengkan, Warga Tuban Bertindak

 

Berita Tuban - Penyaluran dana dari Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) di wilayah Kabupaten Tuban banyak yang tidak tepat sasaran. 

Pasalnya dalam pencairan dana PSKS program dari pemerintahan Jokowi-JK sebagai ganti pengurangan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) itu banyak warga yang sudah mampu mendapatkan bagian. 

Kondisi tersebut membuat sejumlah perangkat desa kerap mendapatkan protes dari warga masyarakat miskin yang tidak mendapatkan jatah tersebut. Hal itu dipicu lantaran data yang digunakan dalam penyaluran PSKS tersebut diduga sudah tidak valid dan tidak sesuai, Kamis (27/11/2014).

"Kami banyak mendapatkan protes dari warga karena data yang digunakan penyaluran PSKS ada yang tidak sesuai." ungkap salah satu perangkat desa yang ada Kabupaten Tuban.

Menurut sejumlah perangkat desa, bahwa data yang digunakan untuk penyaluran PSKS tersebut menggunakan data lama, yakni data pada pembagian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Sehingga data yang sudah lama itu sudah tidak cocok dengan kondisi masyarakat sekarang ini.

"Banyak warga miskin tidak mendapatkan bagian. Sedangkan justru warga yang sudah mampu mendapatkan program ini," terang Karso, selaku Kepala Desa (Kades) Desa Sugiharjo, Kecamatan Kota Tuban.

Menurutnya, penyaluran PSKS yang banyak tidak tepat sasaran tersebut menjadi permasalahan sosial tersendiri di kalangan masyarakat. Sehingga membuat kecemburuan antara warga miskin yang tidak mendapatkan bagian dengan warga yang mampu dan menerima program itu.

"Beberapa kali masyarakat mendatangi kami dan melakukan protes karena tidak dapat bagian. Seharusnya program ini menggunakan data yang baru dan melakukan surve sebelum programnya diluncurkan supaya tepat sasaran," lanjut Kades yang masih muda tersebut.

Sementara itu, untuk pembagian penyaluran PSKS di wilayah Kabupaten Tuban akan sudah mulai sejak tanggal 21 November 2014 kemarin dan akan berakhir sampai 31 November 2014 besuk. Pembagian dilakukan di masing-masing kelurahan maupun desa-desa yang ada di Tuban.[mut/ted]

0 komentar:

Posting Komentar