Tolak Bencana, Nelayan Tuban Larung Sesaji


Berita Tuban - Sebagai bentuk rasa syukur dan juga untuk menolak balak, puluhan nelayan yang berada di pesisir pantai Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Kota Tuban melakukan sedekah laut dengan melakukan larung sesaji, Rabu (03/12/2014).

Dalam ritual sedekah laut yang dilakukan secara turun temurun tersebut, para warga dari kampung nelayan itu melarung Bekakak atau miniatur perahu yang berisikan aneka sesaji. Bekakak tersebut kemudian dibawa ke tengah laut setelah diarak keliling kampung.

Ritual larung sesaji berupa miniatur perahu yang berisikan berbagai macam sesaji tersebut dimulai dengan persiapan sesaji. Warga dari kampung tersebut yang merupakan nelayan kemudian berkumpul di tengah kampung untuk berdoa sebelum melarung sesaji.

Setelah Bekakak didoakan oleh sespuh kampung bersama dengan warga kampung tersebut, selanjutnya Bekakak dibawa oleh warga mengelilingi kampung. Kemudian sesaji langsung di bawa ke tepi pantai yang hanya berjarak beberapa meter dari pemukiman warga tersebut.

"Ini tradisi tahunan dan sudah turun menurun. Ritual ini untuk memberikan sesaji kepada penguasa laut yang kita kenal dengan sedekah laut," ujar Sudikan (78), salah salah sesepuh dari kampung nelayan Kelurahan Sidomulyo, Kota Tuban itu.

Miniatur yang berisikan sesaji berupa sepasang miniatur pengantin boneka tersebut dinaikan ke atas perahu milik nelayan untuk dibawa ke tengah laut. Sampai di tengah laut, miniatur perahu tersebut akan dilepaskan dan diiringi puluhan perahu nelayan yang sudah dihias.

Dengan melakukan serangkaian ritual sedekah laut tersebut, nelayan berharap mendapatkan keberkahan. Selain itu mereka berharap supaya selamat dari segala macam musibah saat melaut guna untuk mencari ikan sebagai aktivitas warga masyarakat nelayan tersebut sehari-hari.

"Kita menggelar ritual tahunan ini bertujuan supaya jauh dari keburukan atau musibah seperti gelombang besar atau angin kencang. Kita juga berharap ini akan menjadi berkah dan tangkapan ikan bisa melimpah," tegas Sudikan, setelah melakukan ritual tersebut.

Sementara itu, kegiatan ritual larung sesaji dalam ranga sedekah laut menjadi daya tarik tersendiri bagi warga masyarakat Tuban. Selain itu ritaul tersebut juga menjadi daya tarik para pengunjung wisata pantai Boom Tuban yang memang dekat dengan lokasi larung sesaji yang dilakukan para nelayan.[mut/kun]

0 komentar:

Posting Komentar