Warga Tuban Waspada Puting Beliung


Berita Tuban - Memasuki musim penghujan yang sudah mulai terjadi, sejumlah warga masyarakat di wilayah Kabupaten Tuban dihimbau untuk selalu waspada dengan ancaman terjadinya puting beliung yang bisa datang sewaktu-waktu.

Pasalnya, pada musim penghujan tahun ini, Tuban merupakan salah satu wilayah yang rawan terjadinya terjangan angin puting beliung. Selain puting beliung, Tuban merupakan wilayah yang rawan dengan petir yang datang bersama hujan lebat.

"Status wilayah Tuban saat ini waspada akan terjadinya angin dan petir pada saat hujan lebat turun," terang Joko Ludiono, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Jumat (21/11/2014).

Joko menjelaskan, sesuai dengan data yang didapatkan BPBD Tuban dari Badan Meterologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa beberapa wilayah di Tuban masuk dalam peta dalam wilayah yang akan muncul awan merah (awan Columbus) sebagai pemicu terjadinya angin dan petir.

"Munculnya awan merah di beberapa wilayah termasuk di Tuban ini akan berpotensi puting beliung dan petir hebat. Makanya kami mengimbau warga untuk waspada saat terjadi hujan lebat," lanjut mantan Camat Widang tersebut.

Adapun untuk titik kerawanan terjadi bencana angin kencang di Tuban di antaranya wilayah Kecamatan Montong, Kecamatan Widang, Semanding, Palang, Merakurak dan Kecamatan Kerek.

"Memang wilayah tersebut cukup berpotensi berdasarkan pengamatan yang kita lakukan. Kami sudah koordinasi dengan pihak kecamatan maupun desa untuk mengimbau warganya supaya tetap waspada dan segera melapor jika terjadi bencana," pungkasnya. [air/mut]

0 komentar:

Posting Komentar