Roda Truck Terlepas di Jenu Tuban


Berita Tuban -Jalan rusak dengan kondisi berlubang dan bergelombang di jalur Pantura Tuban, tepatnya di jalan Tuban-Semarang KM 6, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu mengakibatkan kendaraan yang melintas mengalami kerusakan.

Akibat terperosok lubang jalan dengan lebar lebih dari setengah meter dengan kedalaman sekitar 25 centimeter itu, dua truk mengalami kerusakan pada roda belakang pagi tadi. Hal itu membuat arus lalu lintas di jalur Pantura Tuban harus berjalan satu arah dengan sistem buka tutup, Jumat (20/02/2015).

Titik ruas jalan yang mengalami kerusakan parah itu berada setelah terminal baru. Sejak musim hujan, puluhan titik lubang terdapat di jalan nasional barat Kota Tuban menuju arah Semarang meski juga sudah sering dilakukan perbaikan dengan cara ditambal.

"Yang rusak beberapa hari lalu sudah tambal, tapi ini sudah mulai rusak lagi. Tapi masih banyak lubang baru yang membahayakan pengendara," ujar Adi (21), pemuda asal Kecamatan Jenu, Tuban.

Dua truk yang mengalami kerusakan karena bagian bannya lepas adalah dump truk muatan limbah nopol B 9480 KQ yang dikemudikan Junaidi, warga Cikampek, Jawa Barat. Lalu truk tronton nopol D 9682 AC yang mengangkut beras, dikemudikan Ipin, warga Tasikmalaya.

"Awalnya saya dulu yang terperosok lubang itu. Kemudian langsung saya menepi ke kiri, baru setelah itu kendaraan tronton ini," ungkap Junaidi, pengemudi dump truk yang mengalami lepas ban belakangnya.

Junaidi mengaku saat melintas di jalur Pantura Tuban yang akan kirim bahan semen tersebut kondisi jalan yang berlubang tergenang air. Sehingga dia baru tahu kalau ada lubang setelah jalan sudah terlalu dekat dan tidak mungkin melakukan pengereman.

"Arusnya padat di belakang, jadi kalau saya ngerem mendadak pasti terjadi kecelakaan beruntun. Setelah terasa ban lepas saya langsung menepi ke kiri," lanjut Junaidi.

Sementara itu, untuk menghindari kecelakaan yang lebih parah, petugas Kepolisian dari Satlantas Polres Tuban dibantu dengan warga melakukan pengurukan jalan berlubang yang sangat membahayakan bagi kendaraan yang melintas.

"Tadi sudah kita lakukan pengurukan untuk jalan yang berlubang itu supaya tidak sampai terjadi kecelakaan," jelas Aiptu Jamhari, Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Tuban.

Guna menghindari kemacetan di jalur Pantura Tuban menuju Semarang itu, sejumlah anggota Sat Lantas diterjunkan di lokasi rusaknya dua kendaraan truk tersebut. Petugas melakukan sistem buka tutup arus kendaraan yang melintas di jalur nasional itu.[air/mut]

0 komentar:

Posting Komentar