1.500 Guru di Tuban Ikuti Kuliah Umum Berbasis Karakter


Berita Tuban - Guna meningkatkan mutu pendidikan bagi warga sekitar ring satu, PT Semen Gresik mengelar kuliah umum berbasis pendidikan berkarakter yang berlangsung di Gedung Graha Sandiya, Desa Bogorrejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Sabtu (01/03/2014).

Kegiatan kuliah umum tentang pendidikan berkarakter tersebut diikuti sedikitnya 1.500 Kepala Sekolah (Kepsek) se - Kabupaten Tuban dan juga Guru dari sejumlah sekolahan yang ada di empat kecamatan sekitar pabrik PT Semen Gresik.

Dalam kuliah umum dengan tema Pendidikan Berbasis Karakter dalam Proses Pembelajaran dan Relevansinya dengan Implementasi Kurikulum 2013 itu mendatangkan  narasumber Prof. Dr. Syawal Gultom, Kepala Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud. 

Yang mana narasumber tersebut merupakan pengganti dari M Nuh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang sebenarnya sudah dijadwalkan bisa hadir untuk memberikan kuliah umum kepada para Kepala Sekolah dan Guru yang ada di Kabupaten Tuban itu. 

Sementara itu, Gatot Kustiyadi, yang merupakan Direktur Utama PT Semen Gresik menyatakan bahwa peran Guru dan Kepala Sekolah sangat penting bagi pertumbuhan karakter bagi para siswa-siswi. Sehingga pihaknya sangat mendukung dengan adanya kegiatan itu.

"Kami sangat mendukung penuh dalam peningkatan mutu pendidikan, untuk itu peranan Kepala Sekolah dan Guru sangat penting dalam membentuk karakter siswa," terang Gatot Kustiyadi, Dirut PT Semen Gresik yang baru menjabat itu.

Ia menambahkan, jika pendidikan berbasis karakter yang dibangun dalam kuliah umum tersebut tidak hanya karakter berbasis kemuliaan diri semata, namun secara bersamaan membangun karakter kemuliaan sebagai bangsa. 

"Kami berharap melalui kuliah umum ini Kepala Sekolah dan Guru dapat memberikan pola pengajaran yang bagus bagi siswa. Sehingga ke depan siswa memiliki SDM yang unggul dengan daya saing yang tinggi di tingkat global," lanjutnya setelah kegiatan tersebut.

Selain mengadakan kuliah umum kepada para Kepala Sekolah dan Guru, sejak tahun  2012 sampai sekarang Semen Indonesia juga memberikan bantuan Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Karakter sebanyak 400 guru dari 80 sekolah di tingkat SD/SMP/SMA/SMK sederajat dari empat kecamatan yaitu Kecamatan Kerek, Merakurak, Jenu dan Kecamatan Montong, Tuban. 

Pelatihan yang sama juga telah dilaksanakan kepada 250 guru di empat kecamatan Kabupaten Rembang yaitu Kecamatan Gunem, Pamotan, Sale dan Kecamata Bulu. Ditambah lagi dengan Pembinaan Pondok Romadhon bagi siswa SD, SMP, SMA, SMK sejak tahun 2012 yang telah membina sebanyak 1,7 ribu siswa.

Kegiatan-kegiatan di bidang pendidikan tersebut merupakan bentuk kepedulian  PT Semen Indonesia (Persero) Tbk melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi para siswa dan guru yang berada di sekitar pabrik Semen Gresik. [mut/kun]

0 komentar:

Posting Komentar