Bulan Maret Palang Tuban Banjir Bandang



Berita Tuban - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tuban semalam mengakibatkan banjir bandang melanda di wilayah Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Senin (17/03/2014).

Ratusan rumah yang berada di empat desa di Kecamatan Palang, Tuban tersebut terendam banjir. Ketinggian air di dalam rumah warga yang terendam itu mencapai antara 50 centimeter hingga satu meter.

Dari informasi yang dihimpun wartawan di lapangan, banjir bandang tersebut terjadi akibat dari luapan sungai Cendoro yang tidak mampu menampung debet air kiriman dari wilayah pegunungan Kecamatan Semanding, Tuban. Sehingga air langsung meluap dan masuk ke area pemukiman warga.

"Tadi sekitar jam delapan air sudah mulai datang. Kemudian semakin besar," ujar Amri (36), salah satu warga Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Tuban.

Ratusan rumah yang terendam banjir bandang tersebut berada di Desa Gesikharjo, Desa Cendoro, Desa Pucangan dan Desa Glodok, Kecamatan Palang, Tuban. Ketinggian air rata-rata mencapai 50 centimeter lebih.

"Tadi yang kita langsung selamatkan barang-barang yang ada. Supaya tidak sampai terendam, karena airnya semakin deras," lanjut Ningsih, yang juga warga desa tersebut.

Sejumlah warga mengaku jika banjir tersebut baru pertama terjadi pada tahun 2014 ini. Pada tahun sebelumnya juga sempat terjadi banjir tetapi tidak sampai merendam rumah warga.

"Kalau tahun ini baru sekali, tahun sebelumnya juga sudah pernah. Tapi tidak sampai masuk-masuk rumah," ungkapnya.

Hingga saat ini, banjir bandang akibat luapan sungai Cendoro yang tidak mampu menampung air kiriman tersebut masih belum surut. Sejumlah warga masih nampak mengamankan barang-barang rumah tangga supaya tidak sampai terendam air. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar