Longsor Grabagan Tuban, Putuskan 2 Jalur Desa


Berita Tuban - Intensitas hujan lebat yang masih terus terjadi di wilayah Kabupaten Tuban mengakibatkan longsor terjadi di kawasan pegunungan Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

Longsor mengakibatkan akses jalan penghubung antara Desa Ngandong dengan Desa Dahor, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban terputus lantaran kondisi jalan ambles dan tidak bisa untuk dilewati kendaraan khususnya roda empat, Sabtu (08/03/2014).

Dari informasi yang berhasil dihimpun wartawan di lapangan, kondisi jalan yang mengalami longsor tersebut sudah terlihat sekitar satu bulan terakhir setelah terjadinya hujan lebat. Kemudian retakan itu semakin parah hingga mengakibatkan jalan mengalami ambles dengan kedalaman sekitar 5 meter.

"Saat sudah kelihatan ada retak-retak langsung dilakukan pengurukan oleh desa. Tapi sekitar satu minggu ini justru longsornya semakin parah," terang Sadi (44), warga Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, Tuban yang berada di lokasi.

Jalan penghubung desa di bawah tebing yang ambles tersebut memiliki panjang sekitar 30 meter. Sehingga hal itu membuat warga yang akan  Desa Ngandong yang akan ke Desa Dahor ataupun sebaliknya harus mencari jalan lain. 

"Sepeda motor kalau berani masih bisa lewat, tapi sangat berbahaya. Tapai kalau untuk mobil sudah tidak bisa lewat sama sekali," lanjut Sadi.

Sejumlah warga yang berada di desa tersebut merasa sangat khawatir jika hujan deras masih terus terjadi, pasalnya jika hujan terus terjadi longsor tersebut akan semakin parah. Apalagi tak jauh dari tebing Ngandong tersebut terdapat banyak pemukiman warga.

"Kita takut kalau sampai terjadi lonsgor lagi, karena ini masih sering hujan. Kan di sekitar sini juga banyak rumah warga, jadi warga juga cemas," pungkasnya. [mut/but]

0 komentar:

Posting Komentar